Viral Bakso Ada Tikusnya, Ini Penjelasan LPPOM MUI






Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menanggapi viralnya video adanya bakso sapi dalam kemasan yang terlihat seolah ada tikus.

Bakso yang bermerek Bakso Sapi Asli SB Selera Baru produksi CV. Tri Marga Jaya ini tertulis di kemasan bersertifikat halal MUI dengan nomor : 171002971215.

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim dalam keterangan tertulis yang diterima Voa Islam, Selasa (19/3/2019) mengatakan merek bakso tersebut tidak terdaftar pada database produk halal MUI.

“Nama perusahaan CV. Tri Marga Jaya sebagai produsen baso tersebut, tidak terdaftar sebagai pemegang sertifikat halal MUI,” tulis Lukmanul.

Dengan demikian, logo halal MUI yang tercantum pada kemasan bakos tersebut dipastikan palsu. “Maka bisa dipastikan bahwa nomor sertifikat pada produk tersebut adalah palsu dan CV. Tri Marga Jaya tidak berhak untuk mencantumkan logo halal MUI pada kemasan tersebut,” ujar Lukmanul.

Lukmanul mengungkapkan, untuk memastikan produk-produk yang beredar bersertifikat halal masyarakat bisa memeriksa melalui situs situs www.halalmui.org maupun aplikasi “Halal MUI” di smartphone berbasiskan Android.* [Syaf/voa-islam.com]