Tak Hadirkan Menteri, KPU Undang Panglima TNI dan Kapolri di Debat Keempat Pilpres 2019






 Dalam pelaksanaan debat keempat Pilpres 2019 yang akan berlangsung Sabtu (30/3/2019) malam ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI total menyebar 500 undangan.

Rinciannya, kedua kubu tim kampanye mendapatkan jatah masing-masing 100 undangan. Sedangkan 300 lainnya merupakan undangan khusus KPU.

 "Untuk debat keempat, KPU mengundang total 500 undangan. Perinciannya adalah TKN 01 diberi undangan 100, BPN diberi alokasi 100, 300 undangan itu adalah undangan KPU," kata Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019).

Wahyu Setiawan kembali menegaskan, dengan alokasi 300 undangan milik KPU, para menteri tidak termasuk di dalamnya.

Menteri-menteri terkait tema debat yang sebelumnya mendapat undangan khusus dari KPU, kini tak lagi diundang.

Tapi mereka masih dipersilakan hadir lewat undangan dari kubu tim kampanye 01 ataupun 02.

"KPU memastikan untuk debat keempat tak mengundang para menteri. Para menteri boleh saja hadir apabila diundang oleh TKN atau BPN. Tapi KPU tak mengundang (khusus)," jelasnya.

Meski tidak mengundang para menteri, namun KPU mengaku sudah mengundang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian karena posisi keduanya relevan dengan tema yang dibahas, yaitu soal keamanan.

"Untuk debat keempat KPU akan mengundang Panglima TNI dan Kapolri karena temanya relevan yaitu keamanan," kata Wahyu Setiawan.

Debat keempat Pilpres 2019 akan kembali mempertemukan dua Calon Presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Debat kali ini akan diselenggarakan pada Sabtu malam nanti, bertempat di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Tema yang diangkat yakni isu mengenai ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional.

Debat akan dimulai pukul 20.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh Metro TV, SCTV dan Indosiar.

TRIBUNNEWS.COM