Singgung Hoaks, Ma'ruf Amin: Sumpah Demi Allah Akan Saya Lawan







Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan pesan pamungkasnya pada debat ketiga ini. Di atas panggung debat, mantan legislator PKB itu mengajak semua masyarakat melawan hoaks.

"Karena hoaks adalah cara kotor yang bisa merusak persatuan dan tatanan bangsa Indonesia. Ayo kita lawan dan perangi fitnah," ujar Ma'ruf di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (17/3).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif itu juga menegaskan tidak benar apabila dirinya terpilih bersama dengan Jokowi‎ maka akan menghapus Kementerian Agama (Kemenag), melarang suara azan, dan melegalkan zina.

Ma'ruf juga menegaskan, tidak akan membiarkan adanya perbuatan yang dilarang agama itu. Bahkan dia dan Jokowi berjanji akan melawan adanya hoaks itu.

"Saya bersumpah demi Allah akan saya lawan, upaya-upaya yang akan melakukan itu semua (hoaks dan pelegalan zina)," katanya.

Lebih lanjut Ma'ruf mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah berita hoaks yang bertebaran. Masyarakat perlu melakukan pengecekan data supaya tidak menjadi korban hoaks.

"Allah sudah mengatakan kalau datang kepada membawa berita harusnya kamu tabayyun. Kamu cek lebih dulu dan jangan langsung terima saja," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, tiga emak-emak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diamankan polisi karena dianggap menyudutkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Diketahui dalam video yang beredar, para pelaku tersebut berbicara dalam bahasa Sunda saat kampanye door to door. Mereka meyakinkan warga bahwa Jokowi akan melarang azan dan membolehkan pernikahan sesama jenis. Selain itu, ada juga video ibu-ibu yang ditolak warga saat berkampanye mendukung Jokowi.


JAWAPOS.COM