Semakin Tren, Industri Syariah Terus Tumbuh di Tanah Air






 Industri syariah terus berkembang pesat di Tanah Air seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk dan kemudahan dalam berusaha. Potensi industri syariah akan menjadi target pasar para pelaku usaha seperti di sektor makanan halal, investasi syariah, perjalanan wisata rohani, hingga gaya hidup muslim.

Global Islamic Economy (GIE) 2017 mengungkapkan, industri syariah dan halal secara global di proyeksikan bernilai USD3,081 miliar pada 2022. Sementara Indonesia dengan total populasi 261 juta orang dan 87,2% warganya adalah muslim, menjadikan Indonesia sebagai tempat tinggal bagi 12,7% muslim dunia.

Menurut GIE, Indonesia masuk dalam 10 besar negara industri syariah yang unggul di beberapa sektor seperti Islamic Finance, Halal Travel, dan Halal Cosmetics & Pharmaceutical. Data tersebut menunjukkan industri halal memiliki potensi yang luar biasa di Indonesia.


Semangat untuk terus meningkatkan industri halal di dalam negeri diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang digelar sejumlah pemangku kepentingan. Pameran serta expo yang bertemakan gaya hidup muslim pun menjamur. Ini merupakan cara agar konsep halal tourism bisa menjadi tuan rumah di negeri dengan populasi muslin terbesar di dunia ini.

Lia Indriasari, direktur Lima Event, salah satu penggiat pameran muslim, mengatakan bahwa pameran produk muslim dan life style menjadi salah satu cara untuk mendorong perkembangan industri syariah di Indonesia. Dia mencontohkan, pada pemeran yang akan digelar Agustus mendatang, akan menjadi expo terlengkap dan terbesar pertama kalinya di Indonesia. Pameran ini mempertemukan pengusaha industri syariah dengan para konsumennya.

“Bussiness to Bussiness juga akan terjadi di pameran ini agar mendorong tumbuh kembangnya industri syariah di Indonesia seiring dengan maraknya produk-produk halal dari berbagai sektor industri,” ujar Lia seusai konfrensi pers Muslim Lifestyle Festival 2019 dan Islamic Tourism Expo, Rabu (13/3).

Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Rachmat S Marpaung mengtakan, event pameran atau expo terkait gaya hidup syariah menjadikan sarana untuk memperluas komunikasi dan saling menyebarkan ilmu sesama pengusaha muslim. Dia juga menyambut positif besarnya minat pengusaha yang banyak masuk di bisnis industri halal. “Inilah waktu tepat bagi sesama pengusaha muslim untuk berjejaring jika ingin mencari ilmu seputar sistem syariah tim KPMI siap membantu,” tutur Rachmat.

SINDONEWS.COM