Rocky Gerung: 'Usia' Jokowi Tinggal 20 Hari Lagi






 Pakar filsafat dan politik Rocky Gerung menyindir, usia calon presiden petahana Joko Widodo dalam memimpin pemerintahan hanya tinggal 20 hari. Bagi dia, beda dengan usia rakyat yang dinilai lebih abadi dibandingkan presiden sebagai kepala negara.

Rocky pun menceritakan momen saat dirinya menyambangi Jawa Timur.

"Saya mondar mandir Jatim, selama dua minggu, ada baliho segede nusantara II. Tulisannya kami rakyat Jokowi, itu adalah mengancam karena enggak ada perlakuan etis. Rakyat itu lebih abadi dari presiden. Usia rakyat sepanjang usia republik, usia Jokowi tinggal 20 hari," kata Rocky dalam diskusi di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Dia pun meminta jangan menyebut sebagai rakyat Jokowi. Sebab, rakyat tak mungkin kalah. Tapi, presiden pasti kalah. Bagi Rocky, mestinya baliho itu diturunkan Bawaslu.

"Rakyat enggak mungkin kalah. Agak ngaco, kami rakyat Jokowi, yang lain apa? Tuyul? Baliho itu mestinya diturunkan Bawaslu, ditegur. Bawaslu harus memperhatikan literasi politik pemilu, bukan memperhatikan jari," kata Rocky.

Ia menilai penyelenggara pemilu ditugaskan secara etis untuk memeriksa kandidat, partai, caleg yang 'berakal bulus'. Namun, selama ini KPU dianggap terlalu terlibat pada soal teknis. Padahal, pemilu juga menyangkut soal etis dan legitimasi.

"Padahal pemilu soal etis, soal legitimasi. Kalau saya percaya pada penyelenggara pemilu, mau kotak suara pakai kardus, saya enggak peduli karena saya percaya," tutur Rocky.

Meskipun bila KPU nanti menggunakan kotak suara dengan bahan baja, kepercayaan pun sulit didapat.

"Sekarang mau pakai baja pun orang enggak percaya. Ini soal etis. Tugas Bawaslu sekarang sibuk periksa jari siapa yang diangkat," kata Rocky.

Hari pemungutan suara Pemilu 2019 akan digelar Rabu, 17 April 2019. Merujuk waktu, maka waktu pemilihan hanya menunggu 20 hari lagi.

Pemilu 2019 merupakan pemilihan umum dengan rangkaian pilpres dan pileg yang digelar serentak.

VIVA.CO.ID