KPK: Seharusnya Kemenag Menjadi Kementerian Paling Bersih








Kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama membuka masalah lain yang jadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hasil riset KPK menunjukkan tata kelola sekolah-sekolah di bawah naungan Kemenag lebih buruk dibanding tata kelola sekolah di bawah Kemendikbud.
"Penelitian tim Litbang KPK menyimpulkan tata kelola sekolah-sekolah yang ada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jauh lebih teratur, jauh lebih tertata dibanding sekolah di bawah Kementerian Agama," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan Jakarta, Senin (18/3).

Laode mengatakan anggaran yang dikelola Kemenag jauh lebih besar dibandikan Kemendikbud. Harapannya, Kemenag seharusnya jauh lebih bersih, jauh lebih akuntabel dan jauh lebih transparan.
Road To Senayan

KPK, katanya, berharap betul agar sistem tata kelola di Kemenag diperbaiki agar kasus korupsi di Kemenag, seperti beberapa tahun lalu menterinya terseret korupsi haji, tidak kembali terulang.

"Ya seharusnya Kementerian Agama menjadi kementerian yang paling bersih harus menjadi contoh bahkan harus menjadi contoh dari KPK," tukas Laode.

RMOL.CO