Erwin Aksa Simbol Perlawanan JK Atas Jokowi-Maruf






Dukungan terbuka Erwin Aksa untuk pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperkuat dugaan Jusuf Kalla (JK) tak sepenuhnya mendukung paslon 01, Joko Widodo-Maruf Amin.

Pengamat politik, Bin Firman Tresnadi menyebut Erwin yang tak lain ponakan JK sebagai simbol perlawanan terhadap Jokowi-Maruf. Meski JK sendiri tercatat sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf.

"Secara de facto begitu, jika dilihat dari statement-nya JK lebih banyak merugikan Jokowi. Terakhir JK mementahkan program kartunya Jokowi dengan mengatakan konsep e-KTP pada awalnya adalah untuk semua," ulas Bin Firman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (21/3).

Jokowi-Maruf mesti waspada. Menurut Bin Firman, dukungan terbuka Erwin Aksa terhadap Prabowo-Sandi bisa menggerus suara paslon 01 di wilayah Indonesia bagian timur.

"Karena setidaknya di kalangan menengah atas keluarga JK masih mempunyai pengaruh yang kuat. Di Indonesia timur, selain NTT, Sulut dan Maluku bisa posisi Jokowi tidak aman. Maka perebutan suara akan terfokus di Jawa," pungkasnya.

RMOL.CO