Aktor Ini Sebut Trump Punya Andil dalam Serangan Teror Cristchurch






Washington – John Legend telah mengecam Presiden AS Donald Trump dan menyebutnya memiliki kontribusi terhadap serangan teror Christchurch.

“Pembunuhan di Selandia Baru begitu mengerikan dan memilukan. Gerakan teroris supremasi kulit putih ini sangat merusak di sini dan di luar negeri. Kita harus bersatu menentangnya,” kata aktor Amerika itu dalam postingan di Twitter, beberapa jam setelah serangan pada hari Jumat.

“Ideologi jahat ini telah menyerang masjid, sinagog, kuil Sikh, gereja-gereja hitam dan banyak lagi dalam beberapa tahun terakhir. Begitu banyak orang terbunuh saat berkumpul untuk berdoa dengan damai.”

Legend mengatakan bahwa Trump bukan penyebab langsung dari apa yang terjadi. Namun retorikanya telah memicu kebencian. Dia meminta Presiden AS untuk mengutuk serangan itu.

“Presiden AS tidak menyebabkan semua ini. Itu sudah ada jauh sebelum masa jabatannya. Tapi retorikanya telah memicu dan mengilhami pikiran para pembunuh ini. Dia perlu mengutuk ideologi jahat ini dan mengambil langkah nyata untuk memeranginya,” ujarnya.

Ini bukan pertama kalinya Legend secara terbuka menentang ideologi Trump serta “ideologi jahat supremasi kulit putih”.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Legend juga meminta Trump untuk meminta maaf karena “menjelekkan orang-orang cokelat”.

“Presiden perlu tahu bahwa dia salah menggunakan retorika ini,” pungkasnya.

KIBLAT.NET