Jokowi Tiba-tiba Puji Ratna Sarumpaet, BPN Prabowo: Ini Menarik!






Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) memuji kejujuran Ratna Sarumpaet yang mengaku berbohong soal penganiayaan. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memandang pujian Jokowi ke Ratna sebagai sesuatu yang menarik.

"Ini menarik ya, tiba-tiba Pak Jokowi memuji Mbak Ratna," kata juru bicara BPN, Andre Rosiade kepada wartawan, Senin (4/2/2019).

Andre mengatakan kubu Prabowo-Sandi merupakan korban kebohongan Ratna Sarumpaet. Kini, dia heran mengapa Jokowi memuji kejujuran Ratna yang mengaku berbohong soal penganiayaan.

"Kami kan korban penipuan Mbak Ratna ya, jadi pihak kami, BPN 02 adalah korban penipuan Mbak Ratna. Pak Prabowo, Pak Amien dan seluruh BPN ini korban penipuan Mbak Ratna. Tiba-tiba Pak Jokowi memuji-muji Mbak Ratna jujur, 'saya sudah kenal lama', 'saya tahu beliau jujur'," sebut Andre.

Politikus Partai Gerindra itu mengklaim publik punya beragam pertanyaan setelah Jokowi memuji Ratna. Dia lalu berbicara soal hasil penyelidikan Polri soal Ratna Sarumpaet.

"Dalam penyelidikan Polri selama ini, Mbak Ratna dianggap nggak melibatkan kami. Dulu kan didorong, dihubung-hubungkan kami yang membangun skenario kan. Ternyata melalui penyelidikan Polri tidak ada ditemukan keterlibatan BPN membangun skenario ini. Ternyata murni permainan Mbak Ratna sendiri. Ini yang menarik. Jadi ada pertanyaan dari masyarakat dan publik, apakah ada yang men-design kami dijebak Mbak Ratna?" ucap Andre.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi memuji Ratna Sarumpaet sambil menyindir pihak-pihak yang menyebut Ratna dianiaya. Bahkan, jempol Jokowi diacungkan untuk Ratna.

Jokowi mengungkit hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet beberapa kali selama kampanye di akhir pekan ini. Pertama, dia membahasnya saat Deklarasi Forum Alumni Jawa Timur untuk Jokowi di Tugu Pahlawan, Jl Pahlawan, Surabaya, Sabtu (2/2).

"Jangan sampai ada ngomong lagi muka lebam-lebam dipukuli dan dianiaya, padahal operasi plastik. Dipikir masyarakat itu nggak ngerti. Masyarakat kita sekarang ini cerdas-cerdas, pintar-pintar, apalagi yang ada di hadapan saya ini para intelektual," tutur Jokowi.

Dia mempertanyakan soal hoax pemukulan Ratna hingga lebam-lebam tersebut. Jokowi menduga hal itu ingin diarahkan ke pihaknya.

Jokowi kembali bicara soal Ratna Sarumpaet ketika menerima dukungan dari Koalisi Alumni Diponegoro di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/2). Dia memuji kejujuran Ratna yang mengaku berbohong, tapi mengkritik yang menyebut Ratna dianiaya.

"Katanya dianiaya. Mukanya babak belur. Lalu konpers menuduh-nuduh kita sampai konferensi pers segala. Untungnya, yang namanya Mbak Ratna Sarumpaet itu jujur," ujar Jokowi. [detik.com]