Komentar Akhmad Sahal Setelah Debat Pilpres: Andai Mahfud MD Dampingi Jokowi






Intelektual muda Nahdatul Ulama (NU), Akhmad Sahal ikut berkomentar terkait jalannya Debat Pilpres 2019 antara Joko Widodo-Ma'aruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (17/1/2019).

Lewat akun Twitter-nya, @sahaL_AS, pengurus cabang istimewa NU Amerika Serikat itu berandai-andai bila Mahfud MD yang mendampingi Jokowi dalam debat tersebut.

Sebagaimana diketahui, Mahfud MD sempat digadang-gadang akan mendampingi Jokowi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Mahfud MD pun mengaku sudah diminta mempersiapkan diri sebagai cawapres dan sudah ada pembicaraan detail soal rencana tersebut.

Sayangnya, penunjukan Mahfud MD sebagai cawapres urung dilakukan lantaran Jokowi menetapkan nama Ma'ruf Amin sebagai cawapres pada Pilpres 2019.

Setelah mengetahui dia tidak dipilih, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) mengaku tidak kecewa dengan keputusan Jokowi dan sembilan partai koalisi pendukungnya.

"Saya tidak kecewa, kaget saja, karena sudah diminta mempersiapkan diri, bahkan sudah agak detail," kata Mahfud, dalam sebuah wawancara di Kompas TV, pada Kamis (9/8/2018) sore.

Pada debat Pilpres 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, tadi malam, penampilan Jokowi dan Ma'ruf Amin pun menuai sorotan.

Satu di antaranya Akhmad Sahal yang berandai-andai bila Mahfud MD yang mendampingi Jokowi.

Menurut Akhmad Sahal, jika Mahfud MD mendampingi Jokowi, jawaban yang diberikan pada saat debat akan lebih lugas atau dalam bahasa Jawa, thas thes.

"Andaikan Pak Mahfud yg dampingi Pak Jkw.. Pasti dlm debat jawabnya thas thes thas thes.." tulis Ahmad Sahal.

    Andaikan Pak Mahfud yg dampingi Pak Jkw.. Pasti dlm debat jawabnya thas thes thas thes..
    — akhmad sahal (@sahaL_AS) January 17, 2019

[tribunnews.com]