Ditanya Soal Caleg Mantan Koruptor, Prabowo Joget






Jakarta – Capres no. urut 02, Prabowo Subianto berjoget saat ditanya mengenai Caleg partai Gerindra yang merupakan mantan napi koruptor. Hal ini bermula pada saat Paslon 01, Jokowi menanyakan perihal caleg mantan napi tipikor yang berasal dari partai yang dipimpin Prabowo itu.

Jokowi menilai Prabowo merestui mantan napi korupsi menjadi Caleg. Menurutnya, dalam sitem partai seorang kader bisa menjadi caleg bila mendapat restu dan tanda tangan dari Ketua umum Partai.

“Menurut ICW (Indonesia Corruption Watch), partai yang bapak pimpin termasuk yang paling banyak mencalonkan koruptor atau mantan napi korupsi. Yang saya tau, Caleg itu yang tanda tangan ketua umumnya, berarti pak Prabowo yang tanda tangan. Bagaimana bapak menjelaskan hal ini?,”tanya Jokowi kepada Prabowo di salah satu sesi debat capres pertama yang digelar di hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis malam.

Pertanyaan itupun dibalas oleh Prabowo dengan alasan bahwa dirinya belum mendapati hal tersebut terjadi di partainya. Ia pun mengatakan bahwa pihaknya telah menyeleksi kader yang akan diajukan menjadi calon legislatif.

“Kalau ada bukti, silahkan laporkan kepada kami,”ujar Prabowo.

Dalam statemennya Prabowo pun menegaskan bahwa partainya berkomitmen untuk melawan praktik korupsi dan akan menindak tegas kadernya yang ketahuan korupsi.

“Saya jamin partai Gerindra, akan melawan korupsi sampai keakar-akarnya. Kalau ada anggota Gerindra yang korupsi, saya yang akan masukin ke penjara sendiri,”imbuhnya.


Menanggapi jawaban Prabowo, Jokowi pun lantas menjelaskan kembali pertanyaanya. Ia menegaskan bahwa data ICW sudah sangat jelas mengatakan bahwa ada 6 caleg Gerindra yang merupakan mantan napi korupsi.

Secara mengejutkan, tiba-tiba Prabowo menginterupsi giliran Jokowi berbicara. Ia pun lantas bertanya kepada moderator apakah diperbolehkan untuk segera menjawab pernyataan Jokowi.

“Pak, Boleh saya jawab?,” ujar Prabowo disambut penolakan dari moderator.

Setelah ditolak, Prabowo pun terlihat berjoget sembari tersenyum diatas podium diiringi sorakan pendukungnya. Usai berjoget, terlihat cawapres pendampingnya, Sandiaga Uno memijat pundak Prabowo sembari ikut tersenyum. [kiblat.net]