SERUUU!! Sejumlah Artis Hijrah akan Hadiri Ummat Fest di Makassar







Sejumlah Aktor Indonesia dijadwalkan akan meramaikan pameran syar’i bertajuk Ummat Fest 2018 di Makassar. Acara yang digelar di Celebes Convention Center (CCC) ini berlangsung tiga hari, Jumat-Ahad (14-16/12/2018).

Dude Herlino dan Arie Untung bersama Teuku Wisnu, dan Ricky Harun diagendakan akan berbagi kisah hijrah dengan ribuan warga Makassar, termasuk anak-anak muda yang tengah bersemangat memperdalam ilmu Agama.

Arie Untung dan kawan-kawan baru saja sukses mengelar Hijrah Fest di Jakarta Convention Centre (JCC). Acara yang berlangsung 9-11 November 2018 itu menghadirkan sejumlah dai kondang. Termasuk Ustaz Abdul Somad, Aa Gym, hingga Ustaz Adi Hidayat.

Arie dan Teuku Wisnu dan yang lainnya gencar berbagi kisah hijrah. Mereka mengajak umat muslim, terutama anak-anak mudah untuk mengubah mindset. Mereka sudah membuktikan bahwa hidup dalam naungan syariah membawa ketenangan batin yang tak ternilai.

Kegiatan yang baru pertama digelar dan terbesar di Makassar tersebut akan diisi dengan tablik akbar, salat Jumat berjemaah, bedah buku, dialog hijrah, festival anak saleh, bazaar fashion muslim-muslimah, sajian kuliner khas, dan sejumlah kegiatan menarik lainnya.

Pembukaan dijadwalkan berlangsung Jumat pagi (14/12/2018) di CCC. Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dijadwalkan menghadiri pembukaan. Kedua tokoh ini menjadi ikon hijrah dalam beberapa waktu belakangan ini.

Kapolda memelopori salat berjemaah di awal waktu di jajaran Polda Sulsel. Dia berani meninggalkan rapat yang dihadiri Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sekalipun ketika azan berkumandang.

Sementara Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memutuskan tak lagi melakukan transaksi ribawi sejak 2012, ketika mulai memperdalam ilmu agama. Adik kandung Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu sehari-hari tampil berjenggot. Sementara istrinya, tak canggung mengenakan jilbab lebar.

Rencananya Ummat Fest 2018 padat kegiatan selama tiga hari itu. Salat berjemaah selama acara berlangsung ikut digelar di CCC. Termasuk salat Jumat. Sejumlah dai kondang dijadwalkan tampil untuk mengisi acara yang berlangsung hingga malam hari.

Mereka antara lain Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Ustaz Muhammad Zaitun Rasmin, pendiri Ar-Rahman Qur’anic Learning Center Ustaz Bachtiar Nasir, Ustaz Fahmi Salim, Ustaz Harman Tajang, Ustaz Fakhrurrozi Anshar, Ustaz Qasim Saguni, dan Ustaz Ikhwan Abdul Jalil.

“Ummat Fest ini merupakan rangkaian dari Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) XI Wahdah Islamiyah yang digelar 22-25 Desember 2018 di Hotel Sahid Jaya Makassar,” kata Ketua panitia, Irfan Mas’ud.

Sekjen DPP Wahdah Islamiyah Syaibani Mujiono mengatakan, Mukernas XI kali ini akan lebih spesial dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, panitia akan menghadirkan 1.000 dai dari berbagai daerah di Indonesia.

“Mukernas XI nanti juga ada wisuda alumni STIBA sebanyak 300 orang,” ujar Syaibani Mujiono saat konferensi pers di Warunk Upnormal, Makassar, Rabu (12/12/2018).

Ummat Fest ini mendapat dukungan dari Bank Muamalat, bank syariah pertama di Indonesia. Baru-baru ini, bank yang ikut didirikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut memperkenalkan jargon “Ayo Hijrah”.

Kanwil Bank Muamalat Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua Ahmad Safril Ilham mengatakan, pihaknya siap mengakomodasi semangat hijrah yang sedang tumbuh belakangan ini. Bank Muamalat siap memfasilitasi masyarakat untuk mulai bermuamalah sesuai prinsip-prinsip syariah.

Sementara EO Ummat Fest 2018, Andri Amir mengatakan, kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan aksi 212. Kegiatan ini, katanya, murni untuk mengakomodasi semangat hijrah generasi muda dan warga pada umumnya. suara-islam.com