Viral, Video Imigran Mali Selamatkan Balita di Lantai 4 Layaknya Spiderman


Seorang imigran Mali telah dielu-elukan sebagai pahlawan setelah behasil menyelamatkan seorang anak yang tergantung di balkon lantai empat. Layaknya spiderman, Mamoudou Gassama memanjat bagian depan sebuah bangunan di Paris hingga ke lantai empat.

Video penyelamatannya pun menjadi viral di media sosial. Dalam waktu kurang dari semenit ia memanjat dari balkon ke balkon lalu meraih anak berusia empat tahun ketika seorang tetangga berusaha menggendong anak itu dari flat yang bersebelahan.

Presiden Emmanuel Macron telah mengundang Gassama ke Istana Elysee untuk berterima kasih kepadanya secara pribadi. Walikota Paris Anne Hidalgo juga memuji kepahlawanan pria 22 tahun itu selain manghaturkan ucapan terima kasih.

Dia menyebutnya sebagai “Spiderman 18”, mengacu pada nomor distrik Paris di mana penyelamatan terjadi. “Selamat kepada Mamoudou Gassama atas keberaniannya yang menyelamatkan nyawa seorang anak,” kata Hidalgo dalam tweet-nya.

“Dia menjelaskan kepada saya bahwa dia telah tiba dari Mali beberapa bulan yang lalu dan bermimpi membangun hidupnya di sini. Saya menjawab bahwa sikap heroiknya adalah contoh bagi semua warga negara dan bahwa Kota Paris jelas akan tertarik untuk mendukungnya dalam usahanya untuk menetap di Perancis,” tambahnya.

Aksi spektakuler itu berlangsung pada Sabtu (26/05/2018) malam di sebuah jalan di utara kota. Gassama mengatakan kepada wartawan saat itu dirinya berjalan melewati sebuah kerumunan di depan gedung.

“Saya melakukan (penyelamatan) itu karena (korbannya) anak-anak,” kata surat kabar Le Parisien mengutip perkataannya. “Aku pun naik. Syukurlah aku dapat menyelamatkannya.”

Dinas pemadam kebakaran Paris mengatakan bahwa para kru telah tiba ketika anak itu diselamatkan. “Untungnya, ada seseorang yang sehat secara fisik dan yang memiliki keberanian untuk pergi dan mendapatkan anak itu,” kata seorang juru bicara kepada kantor berita AFP.

Otoritas lokal yang dikutip oleh media Prancis mengatakan, orang tua anak itu tidak ada di rumah pada saat itu. Sang ayah telah ditanyai oleh polisi karena kecurigaan meninggalkan anaknya tanpa pengawasan. Sementara sang ibu juga diyakini tidak ada di tempat. KIBLAT.NET