Ucapannya Dipelintir, Ini Klarifikasi Keluarga soal Ceramah Amien Rais Sebut Indonesia 'Pekok'


Sejumlah media massa mengabarkan kontroversial isi ceramah Amien Rais di Yogyakarta, yang menyebut bangsa Indonesia 'pekok' (diksi dalam bahasa Jawa yang artinya bodoh). Putri Amien, Hanum Rais, membantah isi beragam pemberitaan tersebut.

Hanum mengatakan dirinya sudah mengkonfirmasi langsung ke Amien terkait isi ceramah yang disampaikan ayahnya di Masjid Muthohirin Yogyakarta pada Kamis (10/5). Hanum menegaskan, media-media itu menyalahartikan kutipan Amien.

"Yang dikatakan Pak Amien sebenarnya adalah 'Indonesia jangan sampai menjadi bangsa yang pekok', namun kemudian dipelintir media menjadi 'Indonesia bangsa yang pekok'. Tentu saja framing seperti ini jahat sekali, karena konteks beritanya juga tidak disampaikan secara utuh," papar Hanum melalui rilis tertulis, Sabtu (12/5).

Menurut Hanum, ini bukan kali pertama media massa memelintir pernyataan ayahnya. Hanum mencontohkan pernyataan lain Amien yang tak ditulis sesuai faktanya. "Pernyataan tentang partai setan dan nazar berjalan kaki juga diberitakan tidak sebagaimana yang sebenarnya," ucap Hanum.

“Saya harap ke depannya setiap kali ada isu harus tabayyun (klarfikasi dua sisi) dulu. Jangan sampai asal comot dan ikut menjadi penyebar hoaks yang menimbulkan perpecahan, imbuh dia.

Hanum juga menuliskan bantahan soal isi pemberitaan tersebut melalui akun Twitternya @hanumrais.

KUMPARAN/MSN