Surya Paloh Ditolak Masuk Kampus Unsyiah, Ini Alasannya


Badan Eksekutif Mahasiswa Unsyiah menolak kedatangan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh ke kampus mereka. Tadinya, Surya Paloh diundang untuk mengisi kuliah umum yang akan diselenggarakan di AAC Dayan Dawood Unsyiah, Jumat (11/5), besok.

Anggota Polhukam BEM Unsyiah, Agung Nugraha, mengatakan penolakan mengacu pada keputusan Dikti nomor 26/Dikti/Kep/2002.

“Tentang pelarangan organisasi partai politik dalam kehidupan kampus yang berbunyi melarang segala bentuk organisasi ekstra kampus dan atau melakukan aktivitas politik praktis di kampus,” kata Agung, Kamis (10/5).

Dia menyampaikan berdasarkan keputusan itu, Surya Paloh dianggap tidak boleh hadir ke dalam kampus Universitas Syiah Kuala.

Agung menambahkan secara tidak langsung ia telah melakukan aktivitas politik di mana telah mengampanyekan kepribadiannya dan memperkenalkan sosok dirinya ke mahasiswa.

“Karena yang bersangkutan merupakan Ketua Umum Partai Nasdem,” katanya.

“Walaupun tidak terang-terangan meminta dirinya ataupun partainya untuk dipilih serta melanggar aturan yang berlaku menurut peraturan Kemenristekdikti,” Agung menambahkan.

Dia mengungkapkan semua orang boleh berpolitik, tetapi juga harus memperihalkan aturan, tempat, kondisi, dan waktu.

“Sehingga kita juga tidak menginginkan tercederainya independensi kampus untuk mencari keuntungan,” ujarnya. [iNews/akr]