Rizal Ramli: Sistem Demokrasi Indonesia Brengsek, Begini kegeramannya...


 Ekonom senior yang juga mantan Menko Maritim, Rizal Ramli menegaskan bahwa sistem demokrasi di Indonesia brengsek. Sistem yang berlaku saat ini dinilainya merusak Indonesia.

“Di sistem kita, orang baik jadi orang brengsek. Yang brengsek sistemnya, karena kita mencontoh partai politik di Amerika,” kata Rizal dalam diskusi Indonesia Leader Forum (ILF), di Hotel Bidakara, Jakarta pada Jumat (18/05/2018).

Dengan sistem demkrasi saat ini, lanjut Rizal, partai-partai di Indonesia ramai-ramai nyolong APBN dan APBD. Dia menegaskan sistem yang berlaku saat ini tidak akan memberikan kemakmuran kepada rakyat. Sebab, kekayaan hanya dimiliki segelintir pejabat.

“Demokrasi kriminal ini tidak akan memberikan kemakmuran ke rakyat. Hanya memberikan kemakmuran pada elit politik. Sistem seperti ini akan merusak Indonesia,” ujarnya.

Mantan menteri Ekuin di era Presiden Gus DUr itu menegaskan demokrasi yang dibangun di Indonesia abal-abal. Dia pun merasa miris dengan kondisi Indonesia saat ini. Sebab, Indonesia negara yang sangat kaya, namun rakyatnya banyak yang miskin.

“Negara kita kaya, tapi 40 persen masyarkat miskin. Secara hati kita nggak terima, secara rasio nggak terima,” tukasnya.

KIBLAT.NET