Dituduh Bunuh Sapi, Pria Muslim India Dikeroyok Sampai Mati


Seorang pria Muslim yang dituduh membunuh seekor sapi dikeroyok sampai mati di India tengah. Tindakan main hakim sendiri ini telah berulangkali terjadi, karena masyarakat Hindu setempat menganggap sakral hewan tersebut.

“Siraj Khan, seorang penjahit berusia 45 tahun, diserang di distrik Satna negara bagian Madhya Pradesh pada Jumat (18/05/2018) pagi dan meninggal di tempat kejadian,” kata pejabat polisi setempat Arvind Tiwari kepada AFP.

Teman Kahn, Shakeel Maqbool, yang juga diserang, dirawat di rumah sakit karena cedera kritis.

“Kami telah menangkap empat orang, dan mereka telah dikirim ke tahanan peradilan. Kami sedang menyelidiki apa yang mendorong serangan itu,” kata Tiwari.

Dia menambahkan bahwa daging dan bangkai sapi ditemukan di tempat kejadian, tetapi tidak ada rincian karena penyelidikan sedang berlangsung.

Umat Hindu menganggap sapi suci. Menyembelih, memiliki atau mengonsumsi daging sapi, dilarang di sebagian besar negara bagian India.

Penyembelihan sapi di Madhya Pradesh membawa hukuman penjara maksimal tujuh tahun, tetapi banyak bagian lain di India menjatuhkan hukuman seumur hidup untuk tindakan itu.

Partai Bharatiya Janata Party (BJP) Perdana Menteri Narendra Modi telah berjanji untuk sepenuhnya melarang pembantaian sapi di India. BJP dianggap menutup mata terhadap meningkatnya jumlah serangan main hakim sendiri atas nama perlindungan sapi.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan massa Hindu memiliki keberanian karena mendapat perlindungan BJP yang berkuasa sejak tahun 2014. Banyak dari korban adalah Muslim.


Dalam dua kasus yang menonjol tahun lalu, seorang peternak sapi perah terbunuh di pinggir jalan karena mengangkut sapi. Seorang remaja Muslim yang dituduh membawa daging sapi juga ditikam sampai mati di stasiun kereta.

KIBLAT.NET