Sukmawati Diisukan Jiplak Pusinya, Ini Jawaban Irene Radjiman


Puisi Ibu Indonesia Sukmawati Soekarnoputri menjadi kontroversi karena dianggap menistakan syariat Islam. Dan kini muncul anggapan bahwa puisi tersebut adalah hasil plagiat.

Di media sosial dan grup aplikasi chatting beredar kabar yang menyebut Sukmawati menjiplak puisi yang berjudul Ibu Muslimah yang konon ditulis oleh Irene Radjiman.

Melalui akun Facebook, Irene Radjiman pun buka suara. Dia mengklarifikasi berbagai kabar yang beredar terkait puisi Sukmawati.

Baca juga: Kontroversi Puisi Sukmawati, Asma Nadia: Itu Bukan Puisi
Dari postingan yang dilihat detikHOT, Rabu (4/4/2018), Irene mengaku mendapat banyak inbox yang semuanya bertanya soal puisi Ibu Muslimah.

"Ya benar, saya penulis puisi "IBU MUSLIMAH"," tulisnya di poin pertama postingan yang diberinya judul 'KLARIFIKASI TERBUKA TENTANG PUISI "IBU MUSLIMAH" itu.

Lalu apakah Sukmawati menjiplak puisi karyanya? Irene menegaskan bahwa Sukmawati sama sekali tidak menjiplak.

"Ini TIDAK BENAR. Ibu Sukmawati TIDAK PERNAH MENJIPLAK KARYA SAYA," tegasnya.

Di akhir tulisannya, Irene menjelaskan bahwa, puisi Ibu Muslimah sengaja ditulis untuk menjawab puisi 'Ibu Indonesia' Sukmawati.

"Puisi "IBU MUSLIMAH" saya buat untuk menjawab sekaligus meluruskan pandangan ibu Sukmawati dalam puisinya yang berjudul "IBU INDONESIA"," tulis Irene.


detik