Ini Alasan Polri Belum Periksa Sukmawati soal Puisi 'Ibu Indonesia'


Polri belum memeriksa Sukmawati Soekarnoputri terkait puisi 'Ibu Indonesia'. Padahal, ada 18 laporan di tingkat Polda dan Bareskrim terkait puisi itu.

"Ya nunggu 18 (pelapor) ini, apakah sudah diperiksa semua apa belum. Pertama, (pemeriksaan terhadap) pelapor," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta selatan, Jumat (20/4/2018).

Polisi beralasan mendahulukan pemeriksaan kedelapan belas pelapor. Setelah seluruh pelapor rampung dimintai keterangan, barulah giliran Sukmawati dimintai keterangan.

"Pelapor dulu yang diminta keterangan 'anda melaporkan kenapa?'. Minta keterangan dulu baru terlapor. Ini masih penyelidikan semua," imbuh dia.

Puisi itu dibacakan Sukmawati dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Puisi ini kemudian memicu kontroversi karena menyinggung soal azan dan cadar.

Sukmawati membantah puisinya bernuansa SARA, melainkan semata-mata murni sebagai karya sastra. Karena terus jadi polemik, Sukmawati lalu menggelar jumpa pers dan meminta maaf. Dia juga menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meminta maaf.

Banyak tokoh yang kemudian meminta agar Sukmawati dimaafkan karena telah menyadari kesalahannya. Sejumlah pihak yang melaporkan Sukmawati ke polisi mengaku memaafkan tapi tidak mencabut laporan polisi.


(aud/idh)