Jokowi Sedang Pidato, Kader Demokrat Ini ‘Walk Out’


Salah seorang kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean rupanya memilih untuk meninggalkan ruangan atau walk-out saat Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidatonya di Rapimnas Partai Demokrat 2018, akhir pekan lalu.

Ketika dikonfirmasi pada Senin (12/3), Ferdinand membenarkan kabar bahwa dirinya melakukan aksi walkout tersebut. Ferdinand adalah Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat.

Aksinya itu ia lakukan lantaran kecewa terhadap janji-janji Jokowi. “Saya memilih keluar dari ruangan itu karena ekspresi kekecewaan saya dengan beliau (Jokowi), yang tidak memenuhi janji politiknya saat pilpres dahulu,” katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilainya sudah lupa akan janji-janji semasa Pilpres 2014 terutama soal utang. Ferdinand mengatakan, kala itu Jokowi berjanji untuk tidak menerima utang dari luar negeri.

“Beliau (Jokowi) menekankan akan menolak untuk utang ke luar negeri, tapi sekarang utang makin menjadi-jadi,” katanya.

Dalam menjalankan aksinya tersebut, Ferdinand hanya seorang diri dan tidak mengajak-ajak kader Partai Demokrat lainnya. “Dari pada saya acungkan kartu kuning kan lebih tidak elok. Jadi saya lebih baik keluar,” ucap Ferdinand.

Dia pun menegaskan, tidak mendapat sanksi dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas aksi walk-out tersebut. “Beliau (SBY) tidak pernah melarang (kadernya) untuk mengeluarkan pendapat,” pungkas Ferdinand.

(gwn/JPC)