19 March 2018

Ini Jurus Jitu Antisipasi Agar Nasabah Tak Jadi Korban Skimming


Masyarakat saat ini tengah dihantui kasus skimming kartu Automated Teller Machine (ATM). Banyak nasabah mengeluh tiba-tiba saldo mereka terdebet tanpa melakukan transaksi ataupun penarikan.

Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Skimming adalah salah satu jenis penipuan yang masuk ke dalam metode phishing.

Modus kejahatan kelompok penguras uang nasabah ini adalah menggunakan kartu ATM yang sudah digandakan atau di-skimming oleh kelompok hacker. Dengan kartu ATM palsu tersebut, pelaku pun leluasa menguras uang pemilik rekening melalui penarikan tunai, pembelian debet, dan penukaran valuta asing (Valas).

Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Rohan Hafas berbagi tips agar nasabah dapat mengantisipasi terjadinya korban skiming tersebut. Menurutnya, nasabah mulai perlu memakai fitur notifikasi yang terhubung di ponsel. SMS mobile Banking misalnya. Dengan demikian, nasabah bisa mengetahui jika terdapat transaksi mencurigakan.

"Antisipasi skimming paling bagus kami imbau para nasabah pakailah fitur yang sudah lama ada yaitu notifikasi," kata Rohan saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (19/3).

Rohan menjelaskan, dengan mengaktifkan fitur notifikasi tersebut, maka semua jenis transaksi yang terjadi bisa langsung diketahui oleh nasabah. Termasuk, pendebetan atau oengurangan saldo secara tiba-tiba.

"Kalau ada pengambilan bisa dilihat sendiri oleh nasabah jumlahnya berapa, ada pengambilan atau pemasukkan dana itu ada notifikasi yang diterima di SMS, itu paling bagus," tuturnya.

Rohan mengklaim, melalui fitur tersebut, semua jenis transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah akan langsung terinfo dengan cepat.

"Engga sampai satu menit itu langsung ada notifikasi ke HP kita bahwa ada pengurangan dan atau penambahan dana ke rekening kita, itu yang paling bagus,” tandasnya.

(mys/JPC)

Heboh Salam Dua Jari Aa Gym Ternyata Hablu Minallah dan Hablu Minannas