DPR Desak Pemerintah Segera Rampungkan RUU Perlindungan Data Pribadi


Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais mendesak pemerintah khususnya Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Kementeriaan Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk ‎merampungkan Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait Perlindungan Data Pribadi.

"Saya mendesak ke Kemenkumham dan Kemenkominfo untuk segera ajukan perlindungan data pribadi ke DPR," kata Hanafi Rais saat menghadiri diskusi Polemik MNCTrijaya Network, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/3/2018).

Sebagaimana diketahui sebelumnya, muncul isu adanya kebocoran data-data registrasi berupa nomor KTP dan KK masyarakat yang telah didaftarkan lewat nomor telpon seluler. Namun memang, Kemendagri maupun Kemenkominfo membantah adanya kebocoran tersebut.

Hanafi sendiri berpandangan untuk mengantisipasi adanya kebocoran yang ‎mungkin terjadi melalui registrasi nomor telpon tersebut, makanya perlu adanya RUU yang mengatur perlindungan data pribadi. Hal itu dimasudkan Politikus PAN ini agar masyarakat merasa tidak disalahgunakan terhadap data-data pribadinya.

"Sehingga saya harapkan muncul juga kelegaan bagi ratusan juta warga yang udh lakukan registrasi. Kalau UU data pribadi ga didorong tentu akan bahayakan legitimasi pemerintah. Negara perlu membereskan teknologi ini‎," pungkasnya.

okezone