Dijagokan Sri Bintang Sebagai Capres 2019, Ini Respon Sultan HB X


Sri Sultan Hamengku Buwono X dijagokan oleh Sri Bintang Pamungkas menjadi capres 2019 mendatang. Dukungan itu dimaksudkan untuk menghadang Jokowi terpilih kembali pada periode kedua. Apa respon Sultan atas dukungan itu?

"Ora ngerti aku (Saya tidak tahu). Saya ndak (tidak) punya tanggapan apapun, saya ndak tahu kok," kata Sri Sultan HB X kepada wartawan di kantor Gubernur DIY, Jumat (9/3/2018).

Sultan HB X juga mengaku tidak pernah dihubungi oleh siapapun atas adanya dukungan tersebut. Karena itulah dia merasa wacana itu tidak perlu ditanggapi. "Ya biarin aja, wong hubungi aku ya ora (tidak) kok. Saya ndak akan punya komentar apapun," lanjutnya.

Beberapa kali ditanya perihal dorongan tersebut, Sultan bergeming dengan tetap mengatakan tidak akan memberikan komentar apapun.

"Ndak usah komentar, ndak usah. Saya ndak ada komentar apapun. Diam saja," pungkas Sri Sultan HB X sambil buru-buru masuk mobilnya.

Sebelumnya, Sri Bintang Pamungkas menggagas gerakan menolak Jokowi untuk maju pada pemilihan presiden 2019. Dia mengusulkan Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk maju Pilpres 2019 bersaing dengan Jokowi.

Baca juga: Gerakan Tolak Jokowi, Sri Bintang Jagokan Sultan HB X Jadi Capres

"Saya berpendapat Sri Sultan ini meneng-meneng (diam-diam) ini luar biasa beliau ini membikin aturan walaupun itu aturan tahun '75 dengan tegas tidak boleh ada China yang punya tanah di sini," ujar Sri Bintang Kamis (8/3) kemarin.

Sri Bintang menyebut Sultan HB X bisa menjadi calon kuat untuk pesaing Jokowi.

"Beliau ini (Sri Sultan HB X) terakhir beliau menyampaikan pikiran tentang Pancasila yang luar biasa," imbuhnya.
(mbr/mbr)


detik