Sadaqa Bawa Model Hafal Alquran Ala Gaza Ke Indonesia. Begini Metodenya


Kegiatan menghafal Alquran di Indonesia sudah semakin meluas. Sadaqa, sebagai lembaga yang mengusung misi sosial di Gaza, Palestina, menghadirkan metode menghafal Alquran ala Gaza ke Indonesia. Untuk menyebarluaskannya, Sadaqa menggandeng Ikatan Dai Indonesia (Ikad).

Ikatan kerjasama antara keduanya diteken oleh Direktur Utama Sadaqa Afwan Riyadi dan Ketua Umum Ikadi Achmad Satori Ismail di Jakarta (23/2). Pada kesempatan ini Afwan secara ringkas menjelaskan seperti apa model menghawal Alquran ala Gaza itu.

Dia menjelaskan metode adalah dengan menghafal satu ayat. Kemudian setelah dihafal berulang beberapa kali dan sudah benar-benar hafal, ditambah dengan satu kata di ayat berikutnya. "Perlu dicatat, ditambahi satu kata di ayat berikutnya. Bukan satu ayat penuh," katanya.

Dengan metode ini memancing seseorang menjadi hafal ayat berikutnya. Setelah mulai lancar baru beranjak ke ayat berikutnya secara utuh. Setelah itu nyambung lagi ke satu kata pertama di ayat berikutnya. Begitu seterusnya sampai seseorang di Gaza sana bisa menghafal Alquran.

Menurut Afwan untuk membawa metode menghafal Alquran ala Gaza itu, Sadaqa bekerjasama dengan yayasan Darul Quran Wa Sunnah yang berada di Gaza, Palestina. Salah seorang pembimbing dari yayasan itu yang bernama Dr Said Al Dahsyan sudah pernah berkunjung ke Indonesia untuk mengenalkan metode tertsebut.

Dia menjelaskan Sadaqa sudah pernah melakukan workshop menghafal Alquran ala Gaza itu di Bekasi, Depok, Karawan, sampai ke Tarakan. Dia berharap dengan menggandeng Ikadi, program menghadal Alquran dengan metode baru itu bisa meluas. "Di Gaza secara rutin mencetak 10 ribu wisudawan penghafal Alquran," tuturnya.

Ketua Umum Ikadi Prof Achmad Satori Ismail menyambut baik kerjasama ini. Dia menjelaskan selama ini banyak metode menghafal Alquran. Dia berharap metode yang dibawa Sadaqa, yakni menghafal Alquran ala Gaza itu bisa jadi arus baru di Indonesia. Sebagai tindak lanjut, Ismail mengatakan akan mengenalkan metode ini kepada jaringan Ikada dalam kesempatan Silaturahmi Nasional yang digelar bulan depan di Padang.

(wan/JPK)

jawapos