Arab Saudi Izinkan Kaum Hawa Masuk Militer

Arab Saudi terus berbenah dari sebuah negara konservatif menuju negara liberal. Setelah sebelumnya membolehkan wanita berkerja, kini pihak Kerajaan mengizinkan Kaum Hawa ikut bergabung dalam angkatan bersenjata

Dalam pernyataan resmi Divisi Keamanan Umum Arab Saudi pada hari Minggu (25/02) kemarin, Riyadh mengumumkan Kaum Hawa kini dibolehkan mendaftar dalam Angkatan Bersenjata Kerajaan.

Agar bisa diterima, calon perempuan harus memenuhi 12 syarat, termasuk menjadi warga negara Saudi yang dibesarkan di negara tersebut. Mereka juga harus berusia 25 sampai 35 tahun, memiliki pendidikan minimal SMA, dan harus lulus tes kesehatan. Selain itu, mereka juga harus memiliki tinggi lebih dari 155 sentimeter, dengan rasio berat terhadap tinggi badan yang sesuai.



Wanita yang menikah dengan orang non-Saudi, wanita yang memiliki catatan kriminal, dan wanita dengan riwayat pekerjaan pemerintah sebelumnya tidak dapat mengajukan permohonan.

Dimuat Press TV, pengumuman tersebut disampaikan sebagai bagian dari dorongan reformasi sosial dan ekonomi Riyadh, yang dijuluki “Vision 2030,” yang diluncurkan oleh Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman.

Diresmikan pada tanggal 25 April 2016, visi itu disebut-sebut sebagai cara meyakinkan untuk mengubah negara secara ekonomi pada tahun 2030. Rencananya, katanya, ditujukan untuk mengakhiri “kecanduan” Arab Saudi terhadap pemasukan minyak , dan diperkirakan meningkatkan pendapatan non-minyak dari 163,5 miliar riyal pada tahun 2015 menjadi 1 triliun riyal pada tahun 2030 mendatang.  (Rmol/ram)