Archive for the ‘Olah Raga’ Category

Liga Spanyol : David Villa Alami Gangguan Ginjal

Tuesday, February 12th, 2013

Pemain penyerang klub Barcelona, David Villa, mengalami gangguan pada ginjalnya. Diduga Villa mengalami masalah berupa batu ginjal. Terdapat infeksi pada ginjalnya sehingga Villa harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan intensif untuk mengetahui penyebab utama gangguan pada ginjalnya tersebut.

Karena sakit yang dideritanya ini, dapat dipastikan David Villa tidak dapat mengikuti pertandingan selanjutnya di laga tandang kontra Granada pada akhir pekan yang akan datang.

Villa memang sudah jarang diturunkan bermain pada musim kali ini terutama sejak pasca cedera patah kakinya pada musim lalu. David Villa di usianya yang ke 31 ini baru turun laga sebanyak 23 kali di seluruh kompetisi dan berhasil mencatat gol sebanyak 11 kali.

Semoga cepat pulih, David Villa… Dan bisa kembali memperkuat klub Barcelona

Congratz! Jorge Lorenzo Juara Dunia MotoGp 2012

Tuesday, January 29th, 2013

Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo memenangi kejuaraan dunia MotoGP pada Minggu (28/10/2012), dengan finish di posisi kedua di belakang Casey Stoner di Phillip Island, Australia.

Dani Pedrosa, rival terberat Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia terjatuh dari motornya pada tikungan keempat di lap kedua, dan tidak meneruskan balapan.  Pembalap Australia Casey Stoner langsung memimpin lomba setelah rekan setimnya di Repsol Honda terjatuh, dan menjadi kemenangan keenam bagi Stoner secara berturut-turut semanjak tahun 2007. Dan kemenangan kali ini menjadi pesta perpisahan dengan para fans di Phillip Island, karena Stoner pensiun akhir musim ini.

Sementara itu tambahan 20 poin dengan total poin yang dikumpulkan 350 poin, membuat Lorenzo tak mungkin lagi dikejar Pedrosa, karena seri balapan hanya menyisakan satu seri saja yaitu GP Valencia yang digelar pada 11 November 2012.

Pentingnya Olah Raga Bagi Anak

Wednesday, January 2nd, 2013

Terkadang olah raga hanya difokuskan sebagai kegiatan bagi orang dewasa, padahal olah raga juga sangat penting bagi anak-anak di masa pertumbuhannya. Sebagai orang tua, sudah selayaknya memperkenalkan dan melibatkan buah hatinya sejak dini tentang pentingnya berolah raga

Berikut adalah beberapa manfaat dari olah raga bagi anak-anak :

  1. Mengurangi resiko obesitas atau kegemukan. Ya, anak-anak yang malas melakukan aktifitas dengan berolah raga maka akan memiliki resiko kegemukan yang akan berakibat pemicu munculnya sakit diabetes di masa dewasanya.
  2. Meningkatkan kecerdasan anak. Dengan berolah raga anak dilatih untuk lebih berpikir strategi dan pengaturan jadwal sehingga sejak dini otak anak telah terlatih cerdas berpikir dan disiplin
  3. Melatih sportifitas. Dalam olah raga ada saat dimana harus berhadapan dengan lawan main dan harus ada kondisi kalah dan menang. Dengan demikian anak dilatih sejak dini tentang sportifitas dan tidak mengeluh dan putus asa jika kalah
  4. Menjadi sarana sosialisasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Anak-anak yang berolahraga “dipaksa” untuk bertemu banyak teman-teman seusianya sehingga secara tidak langsung melatih kepercayaan diri sejak usia dini. Tidak lupa, dengan olah raga yang bersifat team juga melatih kerjasama antar anggota team.
  5. Olah raga dapat membuat bahagia. Dengan berkegiatan olah raga, anak diajak untuk berlari, melompat, bergandeng tangan, berteriak sehingga anak menjadi nampak bahagia karena kegiatan-kegiatan semacam ini membuat mereka tertawa dan bahagia

Lance Amstrong, Aktor Dopping

Saturday, October 20th, 2012

Lance Amstrong, pembalap sepeda peringkat dunia, dinyatakan sebagai aktor program dopping paling sukses. Begitulah isi laporan yang ditulis USADA (Badan Anti dopping Amerika Serikat) Rabu (10 Okt). Kepala Eksekutif USADA,  Travis Tygart mengatakan bahwa ia bersama timnya hanya demi mencari kebenaran, tidak peduli apakah yang dihadapinya selebritas atau bukan.

Pada tahun 1999, Amstrong menjadi juara Tour de France, setelah pada tahun 1996 sempat rehat karena menjalani operasi dan kemoterapi akibat kanker testis yang dideritanya.

Pada tahun 2000, Amstrong menjadi juara Tour de France lagi. Saat itu sudah ada yang mencurigai ada sesuatu yang tidak beres, tapi tidak bisa membuktikan apa-apa.

Bagaimana program dopping itu terjadi? Berdasarkan laporan USADA, sebulan menjelang Tour de France tahun 2000, Amstrong bersama timnya pergi ke suatu hotel di Valencia, Spanyol. Di tempat itu, darah mereka diambil, dikonsentrasikan, dan disimpan dalam kantong darah. Darah tersebut diekstrasi dengan hormon EPO (Erythropoletin), yaitu hormon yang merangsang pembentukan sel-sel darah merah.

Pada saat lomba, mereka mendapat transfusi darah dari darah yang disimpan sebulan sebelumnya. Efek dari transfusi darah itu adalah stamina dan kapasitas oksigen dalam paru-paru meningkat. Hasilnya Amstrong juara lagi. Hal tersebut berlanjut di tahun-tahun berikutnya dari tahun 2001 sampai 2005.

Menurut salah satu saksi, program dopping tersebut melibatkan seorang pelatih fisik, yaitu dokter Michele Ferrari, dan juga melibatkan mantan istri Amstrong yaitu Kristin Amstrong.

Pihak UCI (Persatuan Balap Sepeda Internasional) berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut. Tapi pihak penyelenggara Tour de France (ASO) tidak memberikan komentar. Sumber: Kompas

Mual Saat Hamil

Wednesday, October 3rd, 2012

Banyak wanita mengalami beberapa bentuk mual saat hamil. Mual sering terjadi pada pagi hari atau pada waktu perut kosong, yang  biasa disebut “morning sickness”. Ketidaknyamanan ini biasanya terjadi lebih sering selama trimester pertama kehamilan, tetapi dapat terjadi sepanjang durasi kehamilan, dan bahkan di malam hari.

Sementara selama bertahun- tahun obat farmasi  efektif  dalam mengobati mual, akan tetapi yang terbaik adalah  menghindari obat-obatan selama kehamilan, terutama pada trimester pertama. Ada obat alami  yang dapat meredakan mual, yaitu jahe teh dengan lemon di dalamnya.

Jahe adalah obat yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit perut. Hal ini dapat dimakan atau dikonsumsi dalam berbagai bentuk selama kehamilan, namun banyak wanita lebih memilih untuk mengambil dalam secangkir teh hangat.

Minum secangkir kecil teh jahe setiap kali Anda mual. Dapat membantu Anda merasa lebih baik dan tidak akan membahayakan bayi Anda. Jahe membantu meredakan mual dan muntah yang berhubungan dengan “morning sickness” dan dapat memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Tanaman ini juga dianggap sebagai anti inflamasi, memiliki sifat penyembuhan, dan dapat membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh ibu menguat. Dari semua teh herbal yang tersedia, teh jahe sebenarnya adalah salah satu yang paling efektif dalam isu-isu kesehatan perempuan. Hanya sejumlah kecil jahe diperlukan untuk menenangkan mual,  lebih alami dan lebih aman daripada obat farmasi lainnya.

Jahe lemon teh merupakan sumber vitamin B6. Hal ini juga mengandung tembaga, kalium dan magnesium. Ini membantu  masalah pencernaan dan dapat meningkatkan aliran darah,  meningkatkan sirkulasi sehat seluruh tubuh. Nikmati sambil beristirahat dan menghirup perlahan- lahan  teh  dapat menenangkan dan dapat meredakan kecemasan alami dan mudah tersinggung.

Teh jahe lemon sangat sederhana untuk dibuat. Anda dapat menemukan  jahe dan lemon teh di beberapa toko kelontong, di toko-toko makanan kesehatan, atau Anda juga bisa menanam dipekarangan rumah Anda. Untuk membuat minuman Anda sendiri bergizi dan menyehatkan, parut dan merebus sepotong 1 inci jahe dalam air panas. Saring. Anda dapat memeras beberapa irisan lemon segar ke dalam teh panas, atau 2 sdt. jus lemon dapat ditambahkan sebagai gantinya. Teh dapat ditambahkan dengan sedikit madu. Ini salah satu obat tradisional untuk mengatasi mual saat hamil.

Olah Raga Tanpa Biaya

Tuesday, August 21st, 2012

Olah raga tanpa biaya? Siapa sih yang ngga kepingin olah raga, tanpa harus keluarin biaya? Kalau kita berolah raga di Gym, sudah pasti biayanya besar.

Kita sangat butuh berolahraga, karena olah raga sangat baik bagi kesehatan kita. Dengan berolahraga, peredaran darah kita lancar dan badan pun terasa lebih sehat.  Olah raga itu tidak perlu biaya mahal, kita bisa melakukan olah raga dengan gratis.

Setiap pagi dan sore kita jalan-jalan, sambil senam ringan, badan terasa lebih segar dan sehat. Diimbangin juga dengan makanan dan minuman yang sehat.

Bersih-bersih rumah juga merupakan olah raga, seperti cuci baju, sapu dan ngepel rumah. Sambil tiduran dan duduk santai pun, kita bisa melakukan gerakan-gerakan ringan.

Kita tidak perlu bayar mahal buat berolahraga, karena kita bisa berolahraga tanpa mengeluarkan biaya. Sudah pasti kita akan mengeluarkan keringat.

Lakukan olah raga seminggu 2 sampai 3 kali, agar otot-otot tubuh kita tetap lemas.

Ingin Cepat Langsing???? BMR Kuncinya

Tuesday, July 17th, 2012

Siapa sih wanita yang tidak ingin tubuhnya langsing?? Ketika kita ingin menurunkan berat badan, saran orang pada umumnya adalah “kamu harus olahraga kalau mau kurus”. Saran ini sepenuhnya benar, tetapi pada prakteknya banyak yang salah anggapan kalau sudah olahraga berjam-jam dan mengeluarkan banyak keringat artinya lemak sudah terbakar dan berharap angka timbangan akan berkurang. Tetapi kenyataannya hasil yang diharapkan tidak kunjung tiba, apa yang salah????

Pada umum nya orang mengasosiasikan olahraga dengan pembakaran kalori sehingga banyak yang berkomentar, “olahraga yang sering biar kalori cepat terbakar ” atau ” lari sekencang-kencang nya di treadmil biar keluar banyak keringat dan cepat kurus”. Padahal kenyataannya olahraga yang seperti itulah yang justru menyesatkan dan tidak akan membuat tubuh kita menjadi lebih langsing.

Untuk menurunkan berat badan lebih cepat olahraga yang dipilih sebaiknya olahraga yang meningkatkan BMR. Apa itu BMR?? BMR adalah singkatan dari Basal Metabolic Rate, atau simple-nya yang disebut metabolisme tubuh. Tubuh kita ketika tidak berolahraga juga tetap akan membakar kalori. Kapan pun itu, selama kita hidup, 24 jam, tubuh kita membakar kalori, yang digunakan sebagai energi agar tetap hidup dan berfungsi.

Dua Olahraga yang Meningkatkan BMR Tubuh Kita dengan Cepat

  1. yang pertama adalah olahraga angkat beban dan fitnes karena dengan angkat beban dan fitnes maka otot akan berkembang dan membutuhkan lebih banyak kalori untuk hidup. Otot baru akan memakan lebih banyak lemak- lemak di tubuh kita, hal itulah yang menyebabkan angkat beban dan fitnes menjadi olahraga pilihan untuk menurunkan berat badan lebih cepat.
  2. olah raga yang kedua adalah HIIT atau Highg Intensity Interval Training yaitu latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Contohnya dengan lari di atas treadmil atau joging  dengan intensitas tinggi diselang selingi intensitas rendah. Untuk lebih jelas polanya seperti ini:
  • 4 Menit pemanasan speed 4,5-5 kmh
  • 1,5 Menit  jalan cepat speed 6 kmh
  • 1,5 Menit lari speed 8.5-9 kmh
  • ulangi 2 langkah diatas sebanyak 3 kali
  • 1 Menit jlan cepat speed 6 kmh
  • 1 Menit lari speed 11-12 kmh (lebih cepat kalau memang bisa)
  • ulangi 2 langkah diatas sebanyak 3 kali
  • 2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4,5 kmh

Kenapa latihan HIIT lebih efektif??? Karena pada saat latihan dengan intensitas tinggi kerja jantung akan terpacu lebih keras sehingga konsumsi oksigen pun meningkat yang berarti metabolisme tubuh juga meningkat sehingga makin banyak lemak yg dipakai untuk pembakaran, bahkan pada waktu kita beristirahat pun metabolisme tubuh tetap meningkat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya harus tetap didukung dengan mengatur pola makan yang baik dan berimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineral maupun vitamin. Waktu istirahat yang cukup juga amat berpengaruh dalam program penurunan berat badan yang kita lakukan. Jadi… selamat mencoba… :)

Garuda Muda Menang Lawan Timor Leste

Monday, July 9th, 2012

Sabtu, 7 Juli 2012, Garuda Muda Timnas U-22 Indonesia membekuk Timor Leste 2-0 dalam laga kedua di Stadion Utama Riau, setelah sebelumnya dikalahkan Australia pada laga perdana.

Sejak awal babak pertama, kedua tim sudah saling menyerang, namun Timor Leste terlihat lebih agresif dan banyak menekan pemain-pemain Garuda Muda, terutama Andik Vermansyah yang memang terkenal dengan kecepatannya.

Setelah sekian menit berlalu tanpa membuahkan gol, akhirnya menjelang babak pertama usai di menit ke-41 Garuda Muda berhasil memecah kebuntuan dengan mencetak sebuah gol ke gawang Timor Leste. Gol tersebut tercipta dari tendangan bebas yang cukup keras dan terarah oleh Nurmufid Fastabikhul. 1-0 untuk Indonesia.

Di babak kedua, situasi berbalik. Garuda Muda tampak lebih menguasai jalannya pertandingan daripada Timor Leste. Beberapa kali peluang emas bagi Indonesia namun masih belum membuahkan gol.

Tetapi gagalnya peluang mencetak gol terbayar di menit ke-85 melalui gol yang diciptakan oleh Agung Supriyanto. Akhirnya hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan telah usai tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas U-22 Indonesia pun berhasil meraih kemenangan atas Timor Leste dengan skor 2-0.