Archive for the ‘Gaya Hidup’ Category

Aneka Dan Macam Makanan Terbaik Untuk Otak Anak

Wednesday, November 27th, 2013

Sebagai orang tua tentu menginginkan putra-putrinya menjadi seorang siswa yang cerdas, pandai dan berprestasi di sekolahnya. Apapun dilakukan demi kebaikan dan masa depan si buah hati. Memberi makanan sehat bergizi tentu suatu langkah bijaksana.

Para ahli nutrisi menganjurkan, para orang tua sebaiknya memilih beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak mereka. Menurut Bethany Thayer, seorang pakar nutrisi dari Detroit, otak adalah salah satu organ yang “sangat kelaparan”. Otak adalah organ pertama dari tubuh yang menyerap nutrisi dari makanan yang disantap sehari-hari.

Untuk itulah, penting artinya memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak-anak. Upaya ini akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak mereka agar maksimal.

Berikut ini  makanan yang dijuluki Brain Food diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.

  1. Salmon. Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3  DHA dan EPA, yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Beberapa studi juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.
  2. Telur. Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Kuning telur mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak.  Oleh karena itu memberikan sarapan atau makan malam yang sehat dengan menu yang terbuat dari telur buat anak-anak sangat dianjurkan.
  3. Daging sapi bebas lemak. Daging sapi  adalah sumber  zat besi yang dapat membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik zat besi. Daging sapi juga mengandung mineral zink (seng)  yang dapat membantu memelihara daya ingat.
  4. Susu dan Yogurt. Makanan yang berasal dari produk susu termasuk di dalamnya yogurt mengandung protein, vitamin B dan vitamin D yang penting bagi pertumbuhan jaringan otak.
  5. makanan untuk otak anakSayuran bewarna. Tomat, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. Makanan ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, makin tinggi kandungan antioksidannya.
  6. Kacang-kacangan. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung banyak asal lemak omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak . Selain itu ada kacang hijau yang mengandung nutrisi lengkap yaitu protein, vitamin C, zat besi, zinc, magnesium dan fosfor yang semuanya penting bagi tubuh dan perkembangan otak.
  7. Berry. Sejumlah studi  menunjukan bahwa buah beri dapat memperbaiki daya ingat. Karena buah strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry kaya vitamin C dan zat antioksidan.
  8. Oat/Oatmeal. Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan  nutrisi penting bagi otak. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.

Buah-buahan Untuk Diet Sehat

Monday, November 25th, 2013

Buah-buahan merupakan salah satu sumber  nutrisi  yang baik untuk tubuh. Selain itu, beberapa jenis buah memiliki kandungan serat  cukup besar dan rendah lemak. Kandungan air dalam buah-buahan juga relatif cukup banyak sehingga dapat membantu menjaga tingkat cairan dalam tubuh.

Bagi yang sedang menjalankan diet, memasukkan beberapa jenis buah-buahan ke dalam menu makanan  adalah salah satu langkah tepat, karena tubuh akan tetap sehat  walaupun asupan makanan dikurangi. Kandungan serat juga air dalam buah-buah juga membantu menjaga kondisi kenyang pada perut.

Dibawah ini adalah buah-buahan  yang bisa dipilih untuk melengkapi menu makanan diet sehat:

  1. Buah dengan kandungan tinggi karbohidrat. Beberapa buah yang mengandung banyak karbohidrat antara lain seperti pisang, nanas, mangga, dan jeruk. Buah-buahan ini sebaiknya dikonsumsi bersama sarapan karena bisa memberikan kekuatan dan tenaga  di pagi hari.
  2. Buah dengan kandungan rendah karbohidrat. Beberapa buah yang mengandung sedikit karbohidrat antara lain peach, semangka, apel, atau pepaya. Buah-buahan bernutrisi ini kaya kandungan air juga bisa untuk mengontrol suhu tubuh. Selain itu, buah-buahan jenis ini juga baik untuk menghalau kolesterol jahat.
  3. buah untuk dietBuah asam dan kelompok berri. Buah-buahan dengan rasa asam  seperti raspberri, strowberi, dan blueberri, serta lemon dan jeruk nipis bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Buah-buahan ini juga membersihkan darah. Tak hanya itu buah-buahan asam  juga baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan nafsu makan, pencernaan, serta menghilangkan kolesterol buruk.
  4. Buah yang mengandung banyak  air. Beberapa buah yang mengandung banyak air seperti semangka, blewah, melon, mengandung jumlah karbohidrat yang cukup. Buah-buahan ini bisa memberikan cairan yang cukup untuk proses pencernaan. Karbohidrat rendah yang terkandung di dalamnya juga bisa memberikan tenaga  instan untuk tubuh. Buah-buahan ini juga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  5. Buah-buahan kering. Buah-buahan kering seperti kurma dan kismis bisa menjadi sumber  vitamin dan mineral yang baik. Mengonsumsi buah kering juga efektif untuk membakar lemak dan mengurangi kolesterol, serta menurunkan berat badan. Tak hanya itu, buah kering juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga dan juga tetap memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan sangat membantu bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan menu makanan sehat.

Manfaat Sarapan Bagi Anak Yang Masih Sekolah

Sunday, November 17th, 2013

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sarapan? Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan sebelum pukul 09.00 dengan  gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat, bugar, aktif, dan cerdas.

Menurut Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University Amerika, sarapan bagi anak sangat penting karena bisa mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah .

Rutinitas sarapan berperan pula menghindari risiko obesitas pada anak-anak. Anak yang tidak sarapan cenderung merasa kelaparan sepanjang hari, lalu makan dalam porsi besar pada jadwal makan siang dan malam. Anak juga cenderung lebih banyak mengemil makanan yang tidak sehat, seperti permen, cokelat untuk mengatasi rasa lapar.

Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi. Karena Perut kosong memang bukan kondisi ideal untuk proses belajar.

Namun ternyata masih banyak anak-anak sekolah, terutama di perkotaan, seringkali tidak sarapan. Alasan yang sering dilontarkan oleh orangtua, terutama ibu, adalah sulitnya membangunkan anak, sulit mengajak anak sarapan, sulit meminta anak menghabiskan sarapan, serta khawatir anak terlambat sekolah bila harus sarapan dulu.

Kalaupun anak-anak sarapan sebelum berangkat sekolah, dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, ternyata 44,6% sarapan dengan kualitas yang rendah. Ini dikarenakan masih banyak yang salah dalam memaknai arti sarapan tersebut, baik dari segi jumlah, jenis, dan waktu.

manfaat sarapanAda yang hanya sarapan dengan segelas susu saja, ada juga yang sarapan hanya dengan segelas teh manis atau kopi manis. Menurut  Prof. Dr. Hardiansyah, MS., Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat IPB, sarapan demikian  belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Sebaiknya ditambahkan dengan telur rebus, roti, buah, misalnya. Masih banyak alternatif sarapan yang bisa disediakan bagi anak-anak yang masih sekolah. Contoh menu untuk sarapan, misalnya, roti, telur mata sapi plus sayuran, atau nasi goreng, telur dadar plus sayuran, sereal, susu plus buah.

Berikut 5 manfaat sarapan pagi bagi anak yang bersekolah:

  • Dapat meningkatkan kemampuan fisik.
  • Meningkatkan konsentrasi anak.
  • Anak jarang mengalami sakit dan pusing.
  • Anak terhindar dari resiko kekurangan gizi dan obesitas.
  • Bisa mendatangkan kebiasaan sehat bagi anak-anak.

Sungguh penting sarapan bagi anak-anak yang masih sekolah, oleh karena itu perlu sekali untuk dijadikan kebiasaan untuk sarapan sehat di awal hari anak-anak sebelum berangkat ke sekolah.

 

Managemen Stres, Cara Mengelola Dan Mengatasi Stres

Friday, November 15th, 2013

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali muncul bahan perbincangan yang bertemakan stres. Karena  pada umumnya di dalam  masyarakat stres bisa dialami oleh siapa saja. Stres tidak mengenal usia, pekerjaan, laki-laki mau pun perempuan. Ada beberapa factor yang dapat menjadi penyebab  stres, misalnya pola hidup yang tidak sehat, makanan, tuntutan pekerjaan, rumah tangga, masalah ekonomi, dan lain-lain.

Lalu apakah yang dinamakan dengan stres? Stres adalah reaksi (respon) dari tubuh terhadap lingkungan untuk memproteksi/melindungi diri sendiri dan bagian dari sistem pertahahan yang membuat seseorang bisa tetap hidup.

Reaksi yang tampak pada saat seseorang mengalami stres :

  • Sakit kepala, jantung berdebar-debar, tangan dingin dan hilangnya nafsu makan
  • Mudah tersinggung, pemarah, cemas, dan pesimis
  • Pikiran negatif, sulit konsentrasi, sulit berpikir realistis
  • Tukang tidur, pendiam, kasar, dan tidak suka bergaul

Ternyata ada banyak hal negative akibat dari stres. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak tersebut ada baiknya jika mencari sumber stres sehingga mudah untuk mengatasi timbulnya stres. Selain itu bisa diterapkan managemen stres yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik dan terarah.

managemen-stresBeberapa aktivitas yang termasuk dalam managemen stres yang bisa digunakan untuk mengatasi stres adalah :

  • Rutin berolah raga. Dengan berolah raga maka peredaran darah menjadi lancar dan badan menjadi lebih bugar.
  • Istirahat cukup. Setelah beraktivitas sehari penuh, maka tidur/istirahat akan mengembalikan semua energi yang terkuras sehingga badan akan menjadi fresh di keesokan harinya.
  • Selalu berpikir positif. Ini penting sekali agar semangat untuk bekerja dan berkarya selalu stabil.
  • Makan makanan dengan gizi baik. Kadang-kadang kandungan gizi dalam makanan kurang diperhatikan karena begitu sempit waktu yang digunakan untuk makan, baik sarapan, makan siang dan malam.
  • Menyalurkan hobi yang positif, misalnya memancing, berenang, memelihara binatang kesayangan.
  • Mendengarkan music
  • Membiasakan diri membuat skala prioritas untuk rutinitas sehari-hari. Agar semua target pekerjaan bisa selesai pada waktu yang tepat.
  • Melakukan beberapa kebiasaan baik dan produktif, misalnya : menambah wawasan dengan membaca, menambah teman, meningkatkan control terhadap pikiran Anda, mengontrol emosi, menjaga stamina, dan lain-lain.

Cari dan kenali sumber stres untuk mengurangi dampak-dampak negative dan terapkan managemen stres untuk kualitas hidup lebih baik.

Tips Usir Stres Kala Bekerja

Thursday, November 14th, 2013

Stres mudah terjadi pada siapa pun dan kondisi ini berdampak negatif pada pada insan modern terutama pada usia produktif.  Dimana beban  pekerjaan semakin besar yang membutuhkan komitmen yang tinggi untuk hasil yang baik dalam bekerja.

 Stres dalam bekerja ini bisa menghambat pikiran dan tubuh untuk berkarya. Siapa pun tentu tidak ingin mengalami dan terbebani oleh keadaan ini.  Sebaiknya segeralah bertindak agar terhindar dari situasi  yang kurang menguntungkan karena stres yang berkepanjangan.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk usir stres kala bekerja :

  • Menulis.  Kegiatan ini berdampak positif, karena dapat membantu mengelola beban pikiran dan dengan bisa menenangkan hati seseorang. Menurut Professor James Pennebaker dari University of Texas, menulis kejadian dan perasaan yang membuat stres akan membantu menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan seseorang menjadi lebih stabil. Dengan menulis seseorang akan menjadi lebih bahagia, senang. Otomatis kegiatan menulis ini akan mampu mengurangi segala hal yang bisa menjadi pencetus stres.
  • Buat target untuk rutinitas baru. Perubahan target dalam rutinitas akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Perubahan ini tidak perlu yang terlalu ekstrim, tetapi bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Misalnya :
  1. Mulai mencoba mencari komunitas yang bisa menunjang hobby. Dengan adanya kegiatan baru apalagi dengan teman dan orang-orang yang baru dikenal, akan membantu mengurangi beban pikiran yang bisa menimbulkan stres.
  2. Tips Usir Stres Kala BekerjaAktif di kegiatan sosial. Kegiatan ini akan memperbaiki suasana hati seseorang menjadi lebih baik, lebih bahagia karena melakukan pekerjaan yang bisa bermanfaat bagi orang lain.
  3. Merencanakan melanjutkan pendidikan untuk memperbaiki performa dalam bekerja dan berkarya.
  • Olahraga. Ada banyak manfaat olahraga untuk orang yang mempunyai aktifitas padat, antara lain :
  1. Selain baik untuk tubuh, olahraga bisa mengusir dan mengurangi stress.
  2. Olahraga bisa membuat stamina seseorang menjadi semakin baik.
  3. Olahraga juga akan membuat tidur seseorang menjadi lebih pulas.
  4. Memperbaiki rasa percaya diri.
  5. Peredaran darah semakin baik, sehingga badan terasa lebih fresh.
  6. Mengurangi depresi juga rasa cemas. Sehingga pikiran akan menjadi lebih tenang.

Semoga tips-tips di atas yang sangat mudah dilakukan dan dipraktekkan, bisa membantu mengurangi dan mengusir stres kala bekerja.  Dan tujuan akhirnya adalah bisa bekerja dan berkarya dengan baik untuk hasil yang maksimal. Dan ucapkan selamat tinggal pada stres.

Cara Mencegah Flu Singapura pada Balita

Thursday, September 19th, 2013

Menurut beberapa sumber medis, dikatakan bahwa penularan virus flu Singapura biasanya bisa terjadi baik secara langsung atau tidak langsung. Penularan secara langsung bisa terjadi apabila terjadi kontak dengan penderita melalui droplet, air liur, tinja, cairan dari bintik atau ruam merah yang telah melepuh. Penularan tidak langsung terjadi apabila terjadi kontak dengan bekas droplet, air liur, tinja, cairan dari bintik atau ruam merah yang telah melepuh dan bisa juga melalui faktor carrier atau pembawa virus oleh hewan lain seperti lalat dan kecoa yang suka mengunjungi bekas tinja, bekas urine ataupun lesi yang keluar dari ruam atau lepuhan. Kenali dengan baik beberapa kiat dan tips cara mencegah flu Singapura pada balita untuk meminimalkan potensi tertular. Apa saja?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara mencegah flu Singapura pada balita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kontak langsung. Hindari kontak langsung dengan penderita yang secara positif mengidap flu Singapura, seperti menyentuh area ruam serta kemerahan, minum atau makan menggunakan tempat yang sama, menyentuh handuk, mainan atau pakaian yang sebelumnya dipakai penderita yang terdapat noda liur, tinja atau urine.
  • Perkuatan immunitas. Berikan perkuatan sistem immun tubuh balita dengan cara pemberian multivitamin, terutama vitamin C dan vitamin E. Alternatif lCara Mencegah Flu Singapura pada Balitaain adalah penggunaan ramuan tradisional atau buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti delima, kunyit, rebusan kulit manggis ataupun brokoli.
  • Desinfektan. Penggunaan desinfektan atau penyuci hama bisa saja dilakukan menggunakan alkohol atau pembersih-pembersih khlorin rumah tangga berbasis pemutih. Gunakan larutan pembersih ini untuk membersihkan pakaian, bekas tinja dan urine atau bekas cairan sekresi lain seperti liur dan muntahan, terutama apabila yang terkena flu ini merupakan salah satu dari anggota keluarga.
  • Perburuan carrier. Carrier atau pembawa virus flu Singapura seperti lalat dan kecoa bisa saja menjadi penyebab penularan virus flu ini, terutama apabila terdapat salah seorang dari anggota keluarga yang terinfeksi dan sempat mengalami muntah atau berak sembarangan di sekitar kamar mandi yang kurang terawat kebersihannya.

Demikianlah Berikut beberapa kiat dan tips cara mencegah flu Singapura pada balita yang sebaiknya diketahui orangtua. Semoga bermanfaat.

Gejala Flu Singapura pada Balita

Thursday, September 12th, 2013

Memang agak susah mengetahui dengan pasti gejala flu Singapura pada balita, apalagi apabila flu tersebut menyerang balita yang kemampuan verbalnya masih terbatas. Namun dengan mengamati gejala fisik yang tampak, gejala tersebut dangan mudah dapat terdeteksi. Apa saja gejalanya secara fisik?

Jenis dan macam gejala

Berikut beberapa jenis dan macam gejala flu Singapura pada balita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Demam. Demam merupakan salah satu gejala utama yang dapat dengan mudah diketahui dengan menggunakan indera punggung tangan atau menggunakan termometer badan. Beberapa staff medis mengatakan bahwa demam yang terjadi pada balita biasanya berkisar antara 38-40 derajat celcius dalam jangka waktu antara 2-7 hari. Masa inkubasi berkisar antara 2-5 hari, sedangkan waktu terpapar sampai terkena penyakit 3-7 hari tergantung dari sistem immun yang dimiliki balita.
  • Ruam. Ruam atau kemerahan bisa saja terjadi pada bagian mulut, tangan dan kaki. Apabila balita masih mengenakan popok, ruam kemerahan bisa saja terjadi pada bagian paha, selangkangan atau lipatan lain yang tertutup popok. Menurut salah seorang staff medis yang berdinas pada sebuah Rumah Sakit Swasta di Surabaya, dikatakan bahwa dalam keadaan yang parah ruam atau kemerahan yang terjadi bisa saja seperti luka melepuh akibat terbakar dengan diikuti keluarnya lendir atau cairan.
  • Gejala Flu Singapura pada BalitaBintik serta perlukaan. Mungkin saja timbul perlukaan pada area rongga mulut seperti lidah, gusi atau bibir bagian dalam dan menyerupai sariawan, sedangkan pada area mulut bagian luar, terdapat bintik kecil dan merata seperti biduran, tetapi berwarna merah dan kadang terasa gatal, sedangkan bintik kecil dan merata yang terdapat pada telapak kaki atau tangan bisa saja tidak terasa gatal. Bagi balita yang berusia kurang dari 2 tahun atau kemampuan verbalnya masih terbatas, rasa gatal terkadang tidak dapat diketahui.
  • Gejala lain. Gejala neurologi seperti sakit kepala dan nyeri mungkin bisa saja terjadi, namun bagi balita yang kemampuan verbalnya masih terbatas, gejala neurologi mungkin tidak terdeteksi. Yang paling mudah dilihat adalah rasa lemas ataupun muntah yang diikuti dengan diare.

Demikianlah beberapa jenis dan macam gejala flu Singapura pada balita yang mudah diamati oleh orangtua, dengan catatan kemampuan verbal balita masih terbatas. Semoga bermanfaat.

Tips Make Up Natural di Musim Panas

Friday, August 16th, 2013

make-up-1165841-mIngin terlihat selalu cantik dan segar di musim panas ini? Tidak perlu make up tebal dengan riasan smokey eyes yang menonjol. Cukup aplikasikan make up yang natural. Berikut ini beberapa tips untuk tampil natural di musim panas ini.

1. Mata

Mata tidak perlu diberi riasan mencolok. Di musim panas, lebih cocok menggunakan warna-warna soft. Gunakan eye shadow dengan warna-warna nude dan soft, tidak perlu menggunakan warna yang gelap. Pertegas garis mata dengan eyeliner berwarna soft seperti coklat atau biru. Jangan lupa rapikan alis, dan gunakan juga mascara untuk melengkapi make up. Aplikasikan mascara supaya bulu mata lebih terlihat tebal, panjang, dan terangkat.

Musim panas biasanya wajah lebih mudah berkeringat. Untuk menghindari luntur, gunakan eyeliner dan mascara yang mersifat tahan air atau waterproof supaya make up tahan lama

2. Alas bedak

Gunakan foundation cair yang lebih ringan dan terlihat natural. Kalau foundation cair masih dirasa terlalu berat, bisa gunakan pelembab yang berwarna (tinted moisturizer). Pilih foundation dengan warna yang sama dengan kulit supaya tidak terlihat mencolok. Bila terdapat mata panda, samarkan dengan menggunakan concealer secukupnya.

Tips: cara terbaik memakai foundation. Kocok, lalu ratakan di punggung tangan. Buat titik-titik pada wajah, kemudian ratakan.

3. Pipi

Akan terlihat lebih segar bila wajah disapukan blush on. Sapukan blush on secukupnya saja di area dahi, hidung, dagu, dan pipi dengan gerakan memutar ringan. untuk efek lebih segar lagi, ratakan ke arah pelipis dan buat terlihat merata dengan kulit

4. Bibir

Selalu gunakan pelembab bibir untuk mempersiapkan bibir menerima lipstik. Disarankan gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF dan kelembaban cukup untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Pilih juga lipstik yang dapat menjaga kesegaran bibir. Gunakan warna-warna nude yang cocok di musim panas

5. Pelembab kulit

Kulit tubuh juga perlu dinutrisi disaat musim panas seperti sekarang. Untuk tipe kulit normal, bisa gunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit meskipun di ruangan ber AC. Namun jika beraktifitas di luar ruangan, sangat disarankan menggunakan lotion yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak sel-sel kulit. Untuk yang kulitnya sangat kering, gunakan body cream atau body butter. Karena kandungan pelembab di body cream lebih banyak daripada lotion.

Sudah siap tampil cantik dan selalu segar di musim panas? Selamat mencoba.