Archive for the ‘Berita Politik’ Category

Kisah Polisi Pemberani

Monday, October 15th, 2012

Sosok polisi yang idealis biasanya hanya kita temukan di film-film Hollywood. Tapi di dunia nyata ternyata ada juga sosok polisi idealis itu. Di  Indonesia kita bisa menemukan sosok polisi yang idealis itu di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Mereka adalah penyidik KPK yang menjadi tokoh kunci terungkapnya kasus-kasus korupsi skala besar.

Salah satu penyidik itu adalah Komisaris Novel Baswedan. Dia berperan utama dalam mengungkap kasus korupsi skala besar seperti kasus suap wisma atlit yang melibatkan Bendahara Umum partai Demokrat dan koleganya satu partai, Angelina Sondakh.

Di hampir semua penangkapan koruptor kelas kakap, Novel ikut langsung ke lapangan. Yang menjadi perbincangan hangat saat ini  adalah kasus dugaan korupsi pengadaan simulator berkendara di Korlantas Polri. Novel menjadi penyidik yang ikut memimpin penggeledahan di markas Korlantas Jl.MT Haryono, Jakarta.

Penggeledahan KPK di markas tersebut diliputi suasana penuh ketegangan, ketika dua perwira berpangkat Kombes meminta penyidik KPK menghentikan penggeledahan dan menanyakan izin penggeledahan dari Kapolri.

Dengan gagah berani, Novel menghadapi seniornya itu dan menunjukkan surat izin penggeledahan yang diperoleh KPK dari pengadilan. Persis seperti adegan dalam film -film Holywood,tak sedikitpun Novel merasa gentar. Novel yakin yang dilakukannya semata-mata untuk memberantas korupsi. Ketika tiba-tiba dijadikan tersangka oleh Polri untuk kasus delapan tahun yang lalu saat bertugas di Polresta Bengkulu, Novel pun siap menghadapinya. Karena melihat track record dan prestasi Novel selama bertugas di KPK, pimpinan KPK  pun siap membela dan memberi perlindungan kepada Novel. Sumber:  Kompas, 7 Oktober 2012

Fenomena Menarik Dalam Pilkada DKI Jakarta 2012

Sunday, September 23rd, 2012

Dalam sebuah PILKADA terlepas siapa yang unggul dan siapa yang kalah, selalu saja ada kejutan dan fenomena-fenomena politik yang menarik untuk kita catat.

Termasuk yang terjadi saat PILKADA DKI Jakarta yang berlangsung dengan aman dan kondusif pada hari Kamis, tanggal 20 September 2012 kemarin, dimana pasangan Cagub dan Cawagub yang bersaing untuk memperebutkan kursi DKI-1 adalah antara pasangan Fauzi Bowo – Nahrowi Ramli dengan pasangan Joko Widodo – Basuki (Ahok).

Beberapa fenomena politik yang menarik saat berlangsungnya PILKADA DKI Jakarta antara lain :

  1. Menggunakan issue SARA untuk menarik simpati suara ternyata benar-benar jauh dari sifat terpuji.
  2. Koalisi Partai Politik sekarang ini ternyata TERBUKTI tidak bisa menjadi “Mesin Suara” untuk memperoleh kemenangan.
  3. Rakyat sudah semakin cerdas dan lebih bijak menyikapi propaganda dan janji-janji surga kampanye para kandidat.
  4. Satu hal yang sedikit terlupa, prosentase GOLPUT di DKI Jakarta cukup besar yaitu berkisar 35%. Angka ini bisa mempresentasikan tingkat apatisme warga/rakyat terhadap proses demokratisasi (Pilkada/Pemilu).
  5. Rakyat (Pemilih) tidak lagi memandang partai-nya tapi sosok/figur yang menjadi pertimbangan untuk bisa membawa perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat (Quick Count) dari beberapa lembaga survei di Indonesia menunjukkan hasil yang relatif sama yaitu pasangan Jokowi – Ahok berhasil mengungguli perolehan suara dari pasangan Foke – Nara dengan memperoleh suara lebih ari 50%.

Kepada Bang Kumis, terima kasih banyak atas kepemimpinannya selama ini yang telah menjadikan Jakarta sebagai kota yang kondusif dan damai.

Selamat kepada Mas Jokowi dan Ko Ahok, semoga bisa memimpin DKI Jakarta menjadi lebih baik sesuai dengan harapan warga Jakarta pada khususnya.

JAKARTA TETAP BERSATU, JAKARTA TERUS MAJU !!

Perdana Menteri Suriah Membelot

Friday, August 10th, 2012

Perdana Menteri Suriah, Riad Hijab, membelot dan bergabung dengan oposisi sebagai protes melawan “genosida” (pembantaian besar-besar terhadap suku bangsa) Bashar al-Assad di Suriah sedang terjadi, dikatakan juru bicara televisi Al-Jazeera Qatar Senin kemarin.

Jilbab telah memutuskan untuk membelot karena “Kejahatan perang dan genosida” di Suriah, kata juru bicara Mohamed Otri, yang tinggal di Amman ikut turun tangan.

“Saya mengumumkan pembelotan rezim hari ini, dan saya bergabung dengan pendukung pemberontakan,” kata Hijab, teks dibaca oleh juru bicara Al-Jazeera. Hijab menjelaskan bahwa “Pembelotan terjadi di waktu Suriah akan melakukan kejahatan perang yang paling sulit genosida, pembunuhan biadab dan pembantaian terhadap warga tak bersenjata.” Juru bicara itu yakin bahwa Hijab berada di tempat yang aman bersama dengan keluarganya.

Sebelumnya, televisi Suriah mengumumkan bahwa Perdana Menteri Suriah Riad Hijab, dipecat dari kantor tapi Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (OSDH) mengatakan bahwa kepala pemerintahan telah melarikan diri dari negara itu. Hijab mulai mengemban tugas sebagai Perdana Menteri pada 26 Juni.

 

 

Busway Mulai Tidak Nyaman

Tuesday, July 24th, 2012

Ternyata setelah sekian lama program Transjakarta berjalan, mulai banyak orang yang mengeluhkan fasilitas ini. Yang mengeluh tidak hanya satu dua orang, tapi banyaaaaak sekali. Di beberapa website bisa dilihat penduduk Jakarta yang mengomentari soal Transjakarta atau Busway bisa sampai ratusan orang. Ada yang komplain sambil marah-marah (padahal belum tentu dibaca pihak berwenang di website itu), ada yang berusaha membela, tapi mayoritas yang terlihat adalah….. keluhan.

Apa saja sih keluhannya?
1. Sering Mogok.
Dalam satu hari saja, ada LIMA Transjakarta yang mogok dan menyebabkan lalu lintas tersendat. Dua Transjakarta mogok di koridor IX, satu di koridor VIII, satu di koridor V, dan satu di koridor I. Beberapa hari sebelumnya juga terjadi Transjakarta mogok di beberapa tempat di Jakarta dan menyebabkan kemacetan lalu lintas sebelum mobil derek datang dan memindahkan bus Transjakarta agar tidak mengganggu pengguna jalan. Tapi kalau dipikirkan, kok bisa Transjakarta bikin macet? kan sudah punya jalur sendiri. Yaaa… kan banyak mobil dan motor lain yang masuk jalur busway hehe. Niatnya mau lebih cepat, eeeh malah tersendat.

2. Sering Kecelakaan.
Sering tidak mendengar berita di tv seperti, “Transjakarta Menabrak Motor” atau ” Transjakarta Terbakar”? Ya dan saat ini mulai sering terjadi. Apa efeknya? Penduduk Jakarta jadi waswas takut tertabrak atau takut Transjakarta yang dinaiki akan meledak.

3. SDM.
Kalau keluhan sebelumnya tentang si bus, sekarang tentang SDMnya. Meskipun mayoritas petugas Transjakarta baik dan ramah, ada juga petugas Transjakarta yang sepertinya tidak sadar sedang bertugas. Pernah terjadi seorang petugas busway ditanya oleh ibu-ibu tentang rute busway, eh malah dijawabnya, “ah ibu kebanyakan nanya nih, baca aja sendiri” Yang denger gimana gak kaget. Belum lagi petugas busway yang suka menggoda perempuan di halte Transjakarta. Duh, bener-bener gak nyaman deh.

4. Armada terlalu sedikit.
Yang ini sepertinya suara hati semua pengguna Transjakarta. Di waktu pergi atau pulang kantor, ramainya Transjakarta hampir sama seperti ramainya Kopaja yang miring karena kelebihan penumpang. Meskipun tidak separah Kopaja, tapi di dalam bus Transjakarta rasanya seperti tidak pakai AC. Banyak yang mengusulkan agar armada Transjakarta ditambahkan  atau hanya ditambahkan ketika jam pergi dan pulang kantor.

Nah, kalau sebagai warga biasa kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk membantu menanggulangi masalah Transjakarta ini, kita berdoa saja semoga suara hati warga Jakarta ini didengarkan oleh calon gubernur baru. Amin.

Tari Tor Tor Asal Batak Di-claim Malaysia

Sunday, June 17th, 2012

Langkah Malaysia kembali membuat gerah publik Indonesia. Negara tetangga itu akan meng-claim tarian tor-tor termasuk alat musik Gondang Sambilan (sembilan gendang) dari Mandailing sebagai salah satu warisan budaya negara tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim  yang berencana untuk mendaftarkan kedua budaya masyarakat Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005, demikian dilansir oleh Kantor berita Bernama di Malaysia.

Menteri Datuk Seri Rais Yatim menyatakan bahwa dengan mempertunjukkan tarian tersebut dengan gendang di depan publik sendiri merupakan hal yang penting agar masyarakat mengetahui asal-usul mereka. Selain itu, pengakuan itu juga bagian dari memperkuat kesatuan dengan masyarakat lain. Demikian diungkapnya dalam acara peresmian Perhimpunan Anak-Anak Mandailing di Kuala Lumpur.

Sejarah mencatatkan bahwa memang warga Indonesia keturunan Mandailing mempunyai komunitas yang cukup besar di negeri jiran itu, yang sempat dikabarkan bahwa mereka sebetulnya mempunyai akar keturunan Minang yang terkait erat dengan Melayu Malaysia. Benarkah demikian? Atau ini hanya upaya untuk menyamarkan akar budaya bangsa Indonesia sendiri?

Apapun tujuannya, tak bijak rasanya jika warga Indonesia tersulut emosi dan menggagas kembali ide ‘ganyang Malaysisa’. Tak perlu sebegitu emosionalnya. Gerakan boikot produk Malaysia cukup sebagai langkah awal. Mari kita lakukan. Cek produk yang akan Anda beli, pastikan itu bukan produk Malaysia. Lebih baik lagi jika kita dukung produksi dalam negeri. Jangan sampai di-claim negara tetangga lagi.

Buruh

Saturday, June 16th, 2012

 

Kemarin adalah hari buruh internasional dimana para buruh di Indonesia mengharapkan agar tanggal 1 Mei diperingati juga sebagai hari buruh nasional dan menjadi hari libur nasional.

Apa saja yang diharapkan para buruh terhadap majikannya? Apakah sekarang masih bisa dibilang sebagai majikan dan buruh?

Kalau buruh diartikan sebagai pekerja, maka menurut Bim-Bim Slank, pelaku musik atau yang bekerja di industri musik pun dapat dikatakan sebagai buruh musik.

Menurut Bim-Bim Slank di yahoo news, supaya suara buruh didengar, haruslah menjadi orang yang kuat dalam artian menunjukkan kemampuan positif. Misalnya kalau dalam dunia musik, harus kuat grupnya. lagunya dan menunjukkan jumlah kaset yang penjualannya meledak. Sehingga diakui oleh Produser dan duduk bisa sama tinggi dengan produser.

Apakah sama jika hal ini diterapkan di sebuah industri pabrikan?

Hal itu sangatlah memungkinkan jika buruh ini bisa menunjukkan kinerja yang bagus, bahkan kalau bisa lebih bagus daripada target yang diberikan. Diskusi dengan duduk bersama pihak management adalah sangat mungkin terjadi.

 

Partai Golkar di Balik Konflik SBY dan PKS

Monday, May 14th, 2012

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Dede Mariana memandang, sutradara dalam konflik SBY dan PKS sejatinya adalah partai Golkar. SBY dan Demokrat tidak dapat  berbuat banyak untuk membendung kepentingan Golkar. Banyak isu soal PKS yang akan di depak dari koalisi yang menjadi pertaruhan SBY apakah pemerintahannya benar-benar kuat atau justru lemah karena lebih banyak disetir oleh partai Golkar. Apabila SBY pada akhirnya benar-benar mendepak PKS, peran Golkar akan semakin  kuat dan mengakar di pemerintahan.

“Sebaliknya, jika menteri PKS tidak dipecat, gejolak politik dengan Golkar akan selalu muncul dan bisa mencapai puncaknya. Ini tentu tidak akan membuat SBY nyaman,” tandas Dede.

Ketua DPR, Marzuki Alie Digugat Oleh Mahasiswa UI

Monday, May 14th, 2012

Jakarta, Mahasiswa UI, David Tobing berencana menggugat Ketua DPR, Marzuki Alie terkait dengan pernyataan Marzuki yang menyebutkan bahwa banyak koruptor yang berasal dari kampus UI dan UGM.

Pengacara Publik David Tobing yang juga berstatus sebagai Mahasiswa Program Doktor Universitas Indonesia mengaku keberatan dengan ucapan Marzuki Alie yang tidak mempunyai dasar hukum sumber penelitian ataupun sumber yang dapat dipercaya (sumber : Kompas.com)

Gugatan ini telah resmi didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta dengan nomor 212/PDT.G/2012. Menurut David upaya yang ia lakukan ini bukanlah pembenaran ataupun penyangkalan atas statemen Marzuki namun supaya Marzuki sebagai Ketua DPR agar lebih berhati-hati dalam memberikan statemen-statemen.

Statemen Marzuki ini disampaikan pada acara bertajuk Masa Depan Pendidikan di Indonesia , Senin (7/5), di Universitas Indonesia