Archive for the ‘Berita Internasional’ Category

Kardinal Argentina Terpilih Menjadi Paus Baru.

Thursday, March 14th, 2013

Dengan kepulan asap putih dari cerobong asap Kapel Sistina dan dentang lonceng Gereja Santo Petrus di kota Vatikan, diiringi sorak-sorai dari ribuan  umat,  dalam konklaf kedua pada hari Rabu 13 Maret 2013, sekitar pukul 19.00 waktu setempat, akhirnya  Kardinal Argentina terpilih sebagai Paus baru.

Terlahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio di Buenos Aires pada 17 Desember 1936,  Kardinal dari Argentina memilih nama Paus Fransiskus. Paus baru ini menggantikan Paus Emeritus Benediktus XVI yang mengundurkan diri pada 28 Februari 2013. Paus yang baru terpilih ini adalah Paus ke-266 dalam 2000 tahun sejarah Gereja Katolik dan akan memimpin sekitar 1,2 milyar umat Katolik di dunia.

Pemilihan Bergoglio, yang merupakan Paus pertama dari Amerika Latin, diumumkan oleh Kardinal Perancis Jean-Louis Tauran dengan kata-kata Latin “Habemus Papam” (Kami memiliki Paus).  Terpilihnya Paus baru ini tentu saja sangat disambut meriah di  kawasan Amerika Latin.

Paus yang dikenal rendah hati ini dinilai berpandangan konservatif dan amat kuat dalam keadilan sosial. Nama Fransiskus yang dipilihnya merupakan penghormatan terhadap  Fransiskus dari Asisi, seorang Santo dari Italia pada abad ke-13, yang dikenal sangat peduli terhadap kaum miskin.  Pada penampilan perdananya di atas teras Basilica Santo Petrus, Paus  Fransiskus  meminta agar para umat berdoa agar Tuhan memberkatinya dalam memimpin umat Katolik.

Jokowi Walikota Terbaik Ketiga Dunia

Tuesday, January 8th, 2013

Gubernur DKI Jakarta yang sebelumnya menjabat sebagai walikota Surakarta (Solo) mendapatkan anugerah penghargaan sebagai Walikota Terbaik Ketiga Dunia oleh Yayasan Wali Kota Sedunia ( The City Mayors Foundations ).

Jokowi terpilih di urutan ketiga atas pengabdiannya menjadikan kota Solo sebagai kota budaya dan pariwisata. Kesan sebagai kota seni budaya inilah yang membuat kota Solo menjadi salah satu target kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain itu Jokowi juga salah satu walikota di dunia yang mendukung anti korupsi sehingga sangat layak beliau diberikan penghargaan sebagai “politisi bersih’ nya Indonesia terlebih lagi karena Jokowi tidak mau menerima gajinya sebagai walikota Solo.

Sebagai walikota terbaik pertama diberikan kepada walikota Bilbao Spanyol, Inaki Azkuna. Inaki ditempatkan di urutan pertama karena jasanya mentransformasi kota Bilboa dari kota industri ke kota pariwisata. Sedangkan di urutan kedua diberikan kepada walikota Perth Australia, Lisa Scaffidi yang begitu dekat dengan warga kotanya melalui teknologi social media seperti Facebook dan Twitter.

Sungguh penghargaan yang luar biasa yang telah diraih oleh Jokowi. Semoga Jokowi juga bisa mengembangkan ibukota Jakarta yang sudah sangat perlu penataan baik secara sistem administrasi maupun infrastruktur, transportasi dan tata kota terlebih untuk penanganan banjirnya.

Selamat Pak Jokowi!

Cristiano Ronaldo Menggugat

Monday, August 6th, 2012

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo telah mengumumkan bahwa ia mencari pengadilan Portugis untuk menggugat surat kabar nasional Correio da Manha setelah menerbitkan foto-foto pribadi tentang dia dan keluarganya.

Foto-foto tersebut diterbitkan dalam surat kabar Minggu dan edisi Senin, dan menunjukkan pemain, ibu dan anaknya di dalam rumah mereka di Geres di utara Portugal.

Ditulis di halaman Facebook-nya minggu ini, pemain Real Madrid mengatakan “ada batas untuk apa yang dapat diterima” dan mengatakan “perilaku Correio da Manha adalah memalukan dan melanggar hukum dan etika jurnalisme”.

Di Facebook, puluhan ribu penggemar telah ‘like’ pernyataan Cristiano Ronaldo, dengan lebih dari dua ribu komentar.

WNI Jadi Korban Kecelakaan Pesawat di Nigeria

Monday, June 4th, 2012

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI ) diperkirakan turut menjadi korban dalam kecelakaan pesawat di Nigeria. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kedutaan Besar Indonesia di Abuja, diindikasikan ada seorang WNI yang bernama Widya Utomo yang turut menjadi korban. Beliau adalah seorang teknisi di maskapai tersebut.

Pesawat Dana Air jatuh dan meledak setelah menabrak bangunan 2 lantai di kota Lagos,Nigeria, pada hari Minggu(3/6). Seluruh penumpang pesawat yang diperkirakan berjumlah 193 orang, dilaporkan tewas. Penghuni bangunan juga menjadi korban, yaitu sekitar 40 orang. Belum bisa dipastikan penyebab kecelakaan pesawat yang terbang dari kota Abuja ini.

Di Bandara Internasional Murtala Muhammad(MMIA), ratusan keluarga korban berupaya mencari kepastian tentang nasib anggota keluarga mereka. Juru bicara Dana Air, Tony Usidamen, tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut selain membacakan daftar penumpang naas tersebut. Ia juga mengatakan bahwa proses evakuasi masih terus dilakukan di lokasi terjadinya kecelakaan.

 

 

Kecelakaan Pesawat di Nigeria

Monday, June 4th, 2012

Kecelakaan pesawat kembali terjadi. Kali ini menimpa maskapai penerbangan Dana Air yang jatuh di kota Lagos,Nigeria, pada hari Minggu (3/6). Pesawat yang terbang dari kota Abuja tersebut jatuh dan meledak setelah menghantam bangunan 2 lantai di kawasan penduduk miskin di kota Lagos. Diperkirakan 193 penumpang pesawat naas tersebut tewas, dan sekitar 40 orang penghuni bangunan juga turut menjadi korban.

Pihak Dana Air maupun pihak yang berwenang belum memberikan pernyataan tentang kecelakaan ini ataupun tentang jumlah dan identitas korban. Kecelakaan pesawat biasa terjadi di Nigeria. Negara dengan ekonomi terbesar kedua di Afrika ini memang memiliki catatan buruk tentang keamanan penerbangan.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan masa berkabung selama 3 hari setelah kecelakaan, dan memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang. Presiden Jonathan juga telah memerintahkan penyelidikan menyeluruh atas kecelakaan tersebut.

 

Valeria Lukyanova sang Wanita Barbie

Wednesday, May 9th, 2012

Valeria Lukyanova

Valeria Lukyanova, wanita berusia 21 tahun beberapa waktu belakangan ini menjadi sensasi di internet semenjak dia mengupload foto-foto dan videonya di beberapa  media sosial.

Wanita asal Rusia ini membuat heboh karena memiliki wajah dan bentuk tubuh yang sempurna bak boneka barbie.

Namun tak semua orang percaya akan keaslian wanita barbie ini. Banyak yang meyakini bahwa bentuk wajah dan tubuh barbie  itu didapatkan dari hasil operasi plastik dan hasil edit foto semata.

TKW Disiksa Majikan di Yordania

Tuesday, May 1st, 2012

Satu lagi Tenaga Kerja Wanita yang bernama Satem asal Bekasi, Jawa Barat yang disiksa oleh majikannya di Yordania. Satem ini telah disiksa selama 3 tahun oleh majikan dan tidak digaji selama 20 bulan.
Akhirnya Satem berhasil melarikan diri keluar rumah dari rumah sang majikan, setelah dibawa ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan ternyata kedua tulang kaki Satem retak, terdapat luka-luka di kulit kepala, dan bekas luka setrika di perut dan tangannya.

Akhirnya oleh majikan, Satem bisa dipulangkan ke tanah air dengan membawa bukti-bukti pemeriksaan kesehatan terakhir.

Jadi Kanibal akibat Putus Cinta

Friday, March 30th, 2012

Seorang pemuda Rusia berumur 23 tahun, Alexander Bychkov, melakukan kanibalisme karena putus cinta. Ia menghabisi korbannya untuk disantap hati dan jantungnya.

Dalam buku hariannya, Bychkov yang juga dijuluki “kanibal pembunuh berantai”, menulis bahwa dirinya melakukan hal tersebut karena diusir oleh kekasihnya. Selain itu ia merasa sangat terhina karena disebut seorang pengecut oleh kekasihnya.

Atas kasus tersebut, polisi telah menemukan 6 mayat terkubur di halaman belakang rumah Bychkov di Belinsky, sebuah kota berjarak 630 kilometer tenggara Moskow. Juru bicara komite investigasi menyatakan masih terdapat kemungkinan jumlah korban kanibalisme akan bertambah. Sebuah sumber penegak hukum memberikan keterangan bahwa Bychkov benar-benar menyantap korbannya dan telah terbukti dalam beberapa insiden.

 

Sumber: Tempo.Co