Ustadz Fadlan Minta Maaf atas Kesalahpahaman Video Ceramah yang Viral


Dai asal Papua, Ustadz Fadlan Garamatan menyampaikan permintaan maaf terhadap vidio ceramah yang berisi tentang adat Papua. Ia menegaskan, video tersebut sudah lama dan diviralkan oleh oknum tertentu.

“Saya Ustadz Fadlan Rabbani Garamatan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat adat Papua atas kesalahpahaman dalam memahami isi kandungan video ceramah saya, yang telah diviralkan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” tuturnya dalam konferensi pers kawasan Matraman, Jakarta Pusat pada Senin (02/04/2018).

“Yang secara sengaja atau tidak, telah menimbulkan ketersinggungan serta bibit perpecahan diantara elemen umat beragama,” sambungnya.

Dia juga menegaskan bahwa selama ini kerukunan antara umat beragama di seluruh Papua, telah terjaga dengan baik dari leluhur. Bahkan, ada falsafah adat Satu Tungku Tiga Batu dalam memelihara pranata sosial.

“Lewat tuntutan adat tersebut, mari kita berdiri di tanah Papua untuk saling isi-mengisi dan menasihati,” jelasnya.

Dia pun mengajak kepada masyarakat Papua untuk sama-sama berdiri berdampingan, dengan gagasan pikiran dan karya nyata agar tercipta kemajuan masyarakat dan negeri ini. “Mari kita hindari perpecahan,” ujar Ustadz Fadlan.

Dia mengajak seluruh elemen di Papua saling memperbaiki diri dan menjaga ketertiban dan keamanan. Hal itu diaharapkan dapat mendukung pembangunan yang berkemajuan dan berperadaban lebih baik.

kiblat