Surya Paloh Klaim Rakyat Indonesia Suka Jokowi


Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyampaikan pandangan bahwa Indonesia perlu pemimpin seperti Presiden Rusia, Vladimir Putin, jika ingin bangkit dan jaya. Hal itu disampaikan Fadli via akun twitternya pada Jumat (30/3).

Sontak cuitan itu mendapat banyak respon publik dari berbagai kalangan. Salah satunya, dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Menyindir Fadli, ia mengatakan jika ingin pemimpin seperti Putin maka silakan tinggal di Rusia.

“Kenapa harus Putin? Kalau butuh sosok seperti Putin, ke Rusia saja. Ini kan rakyat Indonesia senang ke Jokowi,” ujar Paloh dalam acara temu kader NasDem Kepulauan Riau, Sabtu (31/3).

Paloh berpendapat, bangsa Indonesia lebih membutuhkan sosok presiden yang tegas, mampu mempersatukan umat dan pekerja keras. Dan menurut Paloh, kriteria tersebut semuanya ada pada sosok Jokowi.

“Mungkin dirinya (Fadli Zon) mengharapkan pemimpin itu macam dirinya. Yang berbicara, tapi belum tentu bisa melaksanakannya,” imbuh Paloh.

Selain Surya Paloh, pimpinan partai lain yang juga ikut mengomentari cuitan tersebut yakni Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno. Hendrawan bahkan menyebut kalimat yang diutarakan Fadli tersebut menyesatkan.

“Putin itu otoriter. Lawan politiknya yang potensial dijegal. Semua instrumen pemenangan, termasuk tentara dan intel digunakan. Rakyat tidak diberi pilihan leluasa. Apakah kita ingin kembali ke masa-masa seperti itu?” ujar Hendrawan kepada kumparan, Sabtu (31/3).

Wasekjen PPP Ahmad Baidowi bahkan mengatakan cuitan Fadli adalah upaya mencari kelemahan Jokowi semata. “Kalau elite negeri ini hanya nyinyir mulu, kapan majunya?” pungkas Hendrawan. [kumparan]