Survei Terbaru: TBG Kalahkan Jokowi untuk Hal Ini.


Elektabilitas Jokowi memang belum ada yang mampu menandingi. Namun, ada yang beda dari hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Hasil survei memperlihatkan seluruh responden setuju bahwa seorang calon presiden setidaknya memiliki lima karakter.

Menurut Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI Vivi Zabkie, kelima karakter tersebut meliputi kompeten, jujur dan dapat dipercaya, perhatian terhadap rakyat, santun, serta religius.

“Ada beberapa nama yang memikiki karakter ini. Yaitu, Jokowi, Prabowo, Gatot Nurmantyo, dan TGB Zainul Madji," ujar Vivi di Jakarta, Sabtu (14/4).

Menurut Vivi, Jokowi selalu menempati ranking pertama di empat karakter. Yaitu, kompeten, jujur dan dapat dipercaya, perhatian terhadap rakyat serta santun.

Sementara terkait karakter religius, diberikan pada Gubernur NTB TGB Zainul Madji.

“Publik berpendapat TGB Zainul Majdi sebagai pemimpin yang paling religius mengungguli Jokowi, Gatot, Prabowo, Abraham Samad, Agus Harimurti dan lainnya,” kata Vivi.

Survei jelang Pilpres 2019 ini dilakukan di 34 provinsi pada 19-27 Maret. Jumlah responden mencapai 1.135 orang dengan margin of error lebih kurang 2,97 persen pada interval kepercayaan 95 persen.


Responden adalah masyarakat berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai dengan tatap muka (home visit). (gir/jpnn)