Menohok Romo Syafii: Kita Jadi Tahu Berapa Kualitas Sukmawati


Anggota Dewan Penasehat DPP Partai Gerindra, Muhammad Syafii enggan berkomentar banyak tentang puisi Sukmawati Soekarnoputri yang dinilai publik telah menyudutkan syariat Islam.


Sebab, dalam puisi berjudul “Ibu Indonesia” yang dibaca dalam acara Indonesian Fashion Week, Kamis (29/3) lalu itu, Sukmawati secara tersurat telah menjelaskan dirinya tidak paham syariat Islam.

Atas alasan itu, pria yang akrab disapa Romo Syafii tersebut mengaku hanya bisa mendoakan Sukmawati Soekarnoputri agar bisa segera paham syariat Islam secara utuh.

"Saya mau menanggapi apa ya, karena kan dia mengaku tidak mengetahui syariat islam, ya saya doakan saja semoga dalam waktu dekat bu Sukmawati bisa memahami syariat Islam," ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4).

Anggota Komisi III DPR RI berharap agar lain kali Sukmawati sebagai seorang tokoh bangsa mempelajari dahulu apa yang akan disampaikan di publik. Apalagi, bangsa Indonesia sangat plural dan sangat sensitif jika ada singgungan agama.

"Seharusnya kalau dia memang tokoh, dia tidak akan memilih perbandingan itu, tapi karena dia memilih perkataan itu kemudian menyinggung perasaan penganut agama tertentu," sambungnya.

"Saya kira kita jadi tahu berapa kualitas ketokohan Sukmawati. Jadi seharusnya dia belajar dululah," tukas Romo Syafii. [ian]

rmol