Anwar Kader PKB Sebut Kemenag Tidak Becus


Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat dengan usulan Fraksi PDI Perjuangan untuk membentuk Pansus Travel Gate.


Tujuan Pansus tersebut tidak lain untuk tangani korban agen perjalanan yang nakal.

"Saya sepakat dengan usulan sahabat Arteria (F-PDIP), bahwa perlu dibentuk pansus travel," ujar politisi PKB, Anwar Rahmad ketika rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama korban PT. First Trvael di Ruang Rapat Komisi III, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4).

Anwar menilai kemunculan travel nakal merupakan salah satu kegagalan manajemen di Kementerian Agama (Kemenag) terkait pengawasan. Contoh kasus yang terjadi adalah bermasalah biro perjalanan umrah First Travel.

"Bagaimanapun saya pernah menjadi eksekutif agen travel, kenapa ada kasus travel bermasalah kan karena Kemenag tidak becus. Kebetulan pula semua korbannya adalah banyak Nahdliyin," jelasnya.

Selain gagal mengawasi agen perjalanan, Anwar menyebut kegagalan lain yang menyebabkan merebaknya korban travel umrah nakal adalah waktu tunggu ibadah haji yang sangat lama.

"Kenapa korban ini banyak, karena mau haji saja susah, harus menunggu 20 tahun. Kalau sekarang sudah berumur 60 tahun, kapan mau ke sana (tanah suci)? Ini semua karena Kementerian Agama tidak becus," cetusnya. [nes]


rmol