Zulkifli Hasan dan Habib Rizieq Diadu pakai Editan Berita


Akun Instagram @negri.durjana mengedit screenshot berita dari JPNN (Jawa Pos Group) soal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq.

Pada 23 Maret 2018, JPNN membuat tulisan berjudul Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Umat. Berita itu berkaitan dengan pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mengapresiasi Rizieq atas sarannya agar PKS, Gerindra, dan PBB berkoalisi dalam Pilpres 2019.

’’Tentu kami terima pandangan berbagai kalangan. Apalagi sekaliber Habib Rizieq yang merupakan tokoh umat,” kata Zulkifli kepada JPNN, Jumat (23/3).

Oleh akun buzzer @negri.durjana, berita tersebut sepertinya di-screenshot dalam tampilan mobile. Judul yang muncul lantas diganti Ketum PAN: Habib Rizieq Tokoh Ulama Penggadai Agama. Mungkin kalau tidak terdapat foto yang bertulisan dok:JPNN.com, editing itu agak sulit dikenali.

Selain foto, yang membuat editing tersebut mudah dikenali adalah tanggal penayangan. Di sana tertulis plek bahwa berita diunggah Jumat, 23 Maret 2018, pukul 20.18 WIB.

Hingga Rabu (28/3) malam, unggahan palsu itu sudah disukai 154 pengguna Instagram. Setidaknya sudah empat kali ini Jawa Pos mengangkat posting-an hoax yang diunggah akun @negri.durjana. Beberapa modusnya mengedit screenshot judul berita. (gun/c18/fat)

jpnn