Setuju Dengan Cuitan Pernyataan Orang Tua Norak,, Gibran Putra Jokowi DiPertanyakan Warganet


Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka membalas cuitan netizen.

Dilansir TribunWow.com, melalui akun Twitter pribadinya @Chilli_Pari yang diunggah pada, Jumat (16/3/2018).

Mulanya, ada seorang netizen dengan akun @ikramarki menulsikan cuitan soal kebiasaan orang tua.


Akun @ikramarki menuliskan bahwa orang tua kerap mematikan televisi, handphone atau alat-alat elektornik saat terjadi petir ketika hujan lebat.

Ia menuliskan kebiasaan orang tua itu lantaran takut tersambar petir.


Melihat pendapat para orang tua itu, akun @ikramarki menyebut mereka dengan sebutan norak.

"BIASANYA ADA ORANG TUA YANG MEMATIKAN TV, HANDPHONE ATAU ALAT-ALAT ELEKTRONIK SAAT ADA PETIR KETIKA HUJAN KARENA TAKUT TERSAMBAR KATANYA. NORAK SEKALI." cuitnya.


Kemudian, Gibran melalui akun Twitter @Chilli_Pari ikut membalas.

Balasan Gibran tersebut sangat singkat.


"Iya," cuitnya.


Netizen yang melihat balasan kaesang tersebut sontak meninggalkan komentar:

@tiooivana: yaelah. Lu coba aja deketin tu antena tv kalo pas lagi lu nyalain. Ga kesetrum si boong lu. @ikrammarki wkakka

@mucsaefudin: Bapaknya suka gitu juga mas?

@nyinggs: Jangan ladenin dia mas gibran, ikram rada rada emang

Terkait dengan cuitan itu, dilansir dari Tribunnews.com, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman menjelaskan masyarakat diimbau agar mematikan peralatan elektronik ketika hujan disertai Guntur atau petir.

“Antisipasi masyarakat jika ada petir itu terkait jaringan listriknya. Petir itu larinya ke listrik dampaknya ke peralatan elektronik yang terhubung ke listrik bisa rusak. Jadi kalau ada petir sebaiknya alat elektroniknya dimatikan,” katanya.

Ia menambahkan sedangkan terhadap penggunaan handpone saat hujan disertai petir. Hingga saat ini menurutnya belum ada kejadian yang membahayakan pengguna.

Terkecuali terhadap bahan yang ada kabel tembaga seperti modem wife dan lain-lain.

“Kalau alat telekomunikasi atau hanpone relatif kecil dampaknya jika menggunakan saat hujan lebat. Sampai saat ini belum ada kita dengar terjadi hal-hal tak diinginkan. Kita juga sudah berupaya mencegahnya seperti memasang penangkal petir dan sebagainya,” ucapnya.

Namun berbeda dengan handphone.

Menurut jurnal yang dikeluarkan oleh lembaga cuaca Amerika Serikat, NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), telepon seluler aman dipakai meskipun saat hujan. "Tidak ada penghubung langsung antara Anda dan petir," tulis NOAA dalam situsnya.

Yang disarankan untuk dihindari oleh NOAA adalah penggunaan telepon kabel, misalnya telepon rumah, pada saat hujan. Sebab, kabel bisa menjadi penghantar listrik. (TribunWow.com/Woro Seto)