Politikus PDIP Ini Geram ke Amien Rais, Nih Alasannya


Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan geram dengan ocehan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menuduh Presiden Joko Widodo mengibul terkait pembagian sertifikat lahan kepada warga.

“Saya prihatin, sedih, sekaligus kecewa Pak Amien selaku tokoh bangsa melontarkan pernyataan seperti itu,” kata Arteria di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/3).

Dia mengatakan seyogyanya Amien memahami dulu program pembagian sertifikat tersebut. Menurut Arteria, perlu diketahui program pembagian sertifikat tersebut merupakan bagian dari reforma agraria yang dikonsepkan Presiden Soekarno sejak dulu dan baru pada zaman Jokowi ini bisa direalisasikan.

“Program ini kan program mulia, misi suci, bagaimana tanah dapat berfungsi sosial yang penuh kemanfaatan,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Arteria, pembagian tanah-tanah tersebut dikonstruksikan dalam program terintegrasi yakni redistribusi aset plus access reform. Sehingga jelas tidak hanya sertifikat diterbitkan lalu tanah dibagikan, akan tetapi diberikan akses pembiayaan terkait pengelolaan atas tanah baik itu perkebunan, pertanian, perikanan dan sebagainya.

“Program ini juga sangat transparan, akuntabel dan penuh kemanfaatan. Tidak ada kaitannya dengan Pemilihan Umum karena sejak Pak Jokowi memerintah di tahun pertama sudah dilakukan dan tiap tahun bertambah jumlahnya,” katanya.

Dia menegaskan pertambahan itu pun bukan karena mau digelarnya Pemilu. Namun, kata dia, pertambahan ini seiring dengan selesainya reinventarisasi aset. Baik itu dari aset tanah terlantar atau pihak swasta maupun aset-aset Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditelantarkan. “Harusnya ini semua diapresiasi oleh Pak Amien,” tegasnya.

Apalagi, lanjut dia, ini merupakan jihad Jokowi sudah mewakafkan diri dan berani pasang badan bagi-bagi tanah untuk rakyat yang bisa saja di kemudian hari dipermasalahkan kalau Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak benar bekerja.

Jujur saja, jarang ada pemimpin seperti beliau (Jokowi). Program ini beliau kan dapat capeknya saja. Kalau bicara mendulang suara, Pemilu masih jauh dan rakyat cenderung lupa. Jadi, jangan berpikir negatif, yakinlah pemerintahan ini bekerja semata-mata untuk Indonesia yang lebih baik,” tuntasnya.

Sebelumnya, dalam sebuah diskusi di Hotal Savoy Homman, Bandung, Jawa Barat, Minggu (18/3), Amien menyatakan bahwa program bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Jokowi adalah sebuah pembohongan.

“Ini pengibulan, waspada bagi-bagi sertifikat, bagi tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu seolah dibiarkan. Ini apa-apaan?” kata Amien.(boy/jpnn)