Pernyataan Menkes Sebut Cacing Berprotein Dicurigai Titipan Pengusaha


Pernyataan Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek yang menyebutkan cacing merupakan sumber protein dicurigai sebagai pernyataan titipan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menduga pernyataan itu kepanjangan tangan perusahaan.

“Kalau dia (Menkes) ngomong begitu, dugaan saya Menkes kepanjangan tangan pengusaha-pengusaha itu pemilik modal,” kata dia saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (31/3).

Bukan tanpa alasan, menurut Said, Menteri Nila seharusnya bisa memerintahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menarik merek-merek sarden yang terindikasi ada kandungan cacing.

Selanjutnya, lanjut Said, Menteri Nila bisa melakukan analisis mengenai kandungan cacing itu. Apakah itu berbahaya atau tidak.

“Karna itu menyangkut kepentingan rakyat banyak apalagi sarden yang banyak di konsumsi rakyat kecil. Harusnya dia bijak. Dan langsung ambil langkah penanganan,” pungkasnya.

Menteri Nila dalam suatu kesempatan menyebutkan bahwa kandungan cacing di dalam ikan makarel itu tak terlalu bermasalah bagi tubuh manusia jika dimasak dengan benar.

Cacing itu, menurut dia, isinya protein dan steril apabila melalui pengolahan yang benar. Menteri Nila juga meminta permasalahan tersebut tak perlu dibesar-besarkan hingga membuat takut masyarakat. [rakyatmerdeka]