Pemuda Muhammadiyah: Hoaks Juga Diproduksi Penguasa


Ketua Umum Pemuda Muhammmadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengimbau masyarakat untuk tidak hanya melihat fenomena hoax dari satu arah. Menurutnya, ada juga hoaks yang diproduksi penguasa.

“Kita tidak bisa melihat hoaks secara parsial saja. Yang saya maksud adalah hoaks yang diproduksi oleh masyarakat umum atau seputar lawan politik penguasa,” kata Dahnil kepada Kiblat.net pada Jumat (16/03/2018).

“Tetapi ada juga hoaks yang diproduksi oleh penguasa,” tandasnya.

Dahnil menegaskan bahwa kunci memberantas hoaks adalah berlaku adil. Masalahnya sekarang, aparatur hukum tidak berlaku adil penindakan terhadap produsen hoaks.

“Mereka yang memproduksi hoaks dari lawan penguasa itu pasti ditindak hukum secepat mungkin. Tapi mereka yang memproduksi hoaks mendukung penguasa, menjelekkan melawan penguasa atau memfitnah lawan penguasa itu nggak tuntas- tuntas,” jelasnya.

Dahnil juga menegaskan bahwa sikap aparatur hukum yang tidak berlaku adil itu yang menjadi pemicu lahirnya hoaks. Sebab, masyarakat umum putus asa mencari keadilan karena perilaku tidak adil, maka yang terjadi adalah kemunculan produsen hoaks.

“Aparat hukum bagi saya berperan membuat hoaks. Pembuatan hoaks itu juga karena orang sudah putus asa kemudian melakukan perlawanan, akhirnya mereka memproduksi hoaks untuk menjelek-jelekkan lawannya,” tandasnya.


kiblat