PD Tonjolkan AHY tapi Muncul Nama TGB, Roy Suryo Jadi Curiga


Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Roy Suryo merasa curiga ada upaya membenturkan kader partainya yang potensial, yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) KH M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB). Kecurigaan itu didasari adanya suara-suara yang mendorong TGB maju pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 di saat PD melambungkan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai the next leader.

“Tuan Guru Bajang atau Kiai Haji Zainul Majdi termasuk kader unggulan bersama-sama kader Partai Demokrat yang lain. Kami kan juga ada kader yang lain ada Pakde Karwo dan Mas AHY. Sekali lagi saya kok melihat ini ada upaya pihak-pihak lain untuk membenturkan internal kader kami,” kata Roy di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/3).

Politikus asal Yogyakarta itu meyakini TBG dan para kader PD lainnya sangat memahami fatsun politik di partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu. Menurut Roy, jika ada pihak memunculkan nama TGB maka berarti sebagai upaya mengeruhkan suasana saja.

“Tapi saya percaya sekali lagi, hormat saya kepada TGB dan Mas AHY, jangan terpengaruh oleh hal semacam ini. Kalaupun ada anggaplah ini lucu-lucuan di dalam dinamika politik,” ujarnya.
             
Roy menambahkan, PD tentu akan menelusuri pihak pembuat isu-isu yang berpotensi membenturkan kader partai pemenang Pemilu 2009 itu. Meski demikian, Roy percaya bahwa kader-kader PD tidak akan bisa dibenturkan. 

“Tetapi, sekali lagi ini kami sampaikan kami bangga punya TGB, kami bangga punya Pak De Karwo, kami bangga apalagi punya Mas AHY. Tidak ada perseteruan di antaranya, semua adalah kader Demokrat yang terbaik dan membanggakan,” ungkap Roy.
             
Dia pun meyakini TGB tak akan mengeluarkan instruksi untuk memunculkan namanya agar meramaikan bursa calon presiden. “Kalau ada orang-orang, kelompok mengatasnamakan TGB atau seolah-olah ingin membenturkan, ya bisa jadi. Tapi, sekali lagi saya hormati semua itu adalah kader-kader terbaik Partai Demokrat,” katanya.
             
Tapi jika TGB memang memiliki keinginan untuk menjadi calon presiden, Roy menjamin PD akan menampungnya. “Tetapi sekali lagi kami tidak ingin ada hal-hal yang kemudian bisa mengganggu soliditas kami,” ujarnya.(boy/jpnn)