Di Depan Forum Ustazah, Anies: Kaum Ibu Kunci Kemajuan Bangsa


 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan peran ibu sebagai kunci kemajuan suatu bangsa. Seorang ibu disebut Anies memiliki peran penting dari tingkat keluarga hingga bangsa.

"Kaum ibu adalah kunci bagi kemajuan sebuah bangsa. Bagi keluarga, ibu adalah penggerak, ibu adalah tiang. Ibu yang berhasil mendidik anak-anaknya, ibu yang menghadirkan suasana di rumah yang menyenangkan, yang teduh, akan bisa membawa masyarakat menjadi lebih baik," ujar Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).


Hal itu disampaikan Anies di depan pengurus Forum Komunitas Ustazah (Fokus) yang baru dikukuhkan dalam acara Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW Majelis Taklim Daarut Taqwa. Anies juga menyampaikan ustazah--sekaligus ibu--dapat membagikan ilmu kepada anak-anaknya dengan nilai-nilai agama.

"Ibu-ibu akan menjadi alat yang baik bagi mereka dalam membangun keluarga dalam mendidik anak-anak dan bagi Jakarta khususnya jika keluarga menjadi keluarga yang baik, keluarga yang menyenangkan, keluarga yang di situ ada nilai-nilai agama," ujar Anies.


Di samping itu, Anies menyambut baik forum ustazah itu. Dia menilai semakin banyak organisasi masyarakat di Jakarta maka akan semakin tinggi tingkat interaksi antar warganya.

"Ini yang sering kita lupakan. Bahwa demokrasi itu akan tumbuh berkembang jika social capital itu tinggi. Dan social capital itu tinggi bila ditingkatkan jumlah asosiasi yang ada di masyarakat," ujar Anies.
(idn/dhn)