Anies dan Sandi Sujud Syukur di Balai Kota, Ada Apa?


Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno melakukan sujud syukur bersama para pegawai PT Transjakarta di Balai Kota. Sujud bersama ini sebagai ungkapan rasa syukur atas tembusnya target penumpang Transjakarta sebanyak 500 ribu dalam sehari.

Menurut Anies, 500 ribu tak bisa dinilai hanya sekedar angka statistik. Tetapi, angka ini berarti Transjakarta telah memberi manfaat terhadap 500 ribu orang yang menggunakan jasa Transjakarta. Pemprov merasa bersyukur atas capaian ini. "Ini sebuah kebanggaan," kata Anies, Selasa (20/3).

Dalam acara syukuran tersebut, Anies, Sandi dan seluruh pekerja Transjakarta yang hadir sujud syukur bersama. Anies dan Sandi juga memotong tumpeng untuk diserahkan kepada Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono dan salah satu pekerja Transjakarta termuda.

Budi Kaliwono mengatakan, sampai saat ini, pencapaian penumpang tertinggi dalam satu hari adalah 522 ribu penumpang. Bus Transjakarta yang beroperasi sebanyak 1.300 armada dengan rute sebanyak 118 di 13 koridor yang ada.

Target selanjutnya yang ingin dikejar Transjakarta adalah satu juta penumpang dalam sehari. "Itu (satu juta penumpang) dalam sehari ya, bukan average (rata-rata)," ujar Budi.

Budi mengaku, optimis target itu tercapai di bulan November 2018. Ia dan beberapa pegawai Transjakarta bahkan bernazar akan menggunduli kepala jika target satu juta penumpang dalam sehari terpenuhi.

"Kami sudah bertekad kalau satu juta tercapai, semua (pegawai Transjakarta) yang di sinikepalanya dibotakin," ujar dia.



REPUBLIKA