Ini alasan Anies irit bicara selama pimpin DKI


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, tidak ada yang namanya groundbreaking rumah DP nol Rupiah di Rorotan, Jakarta Utara hari ini, Rabu (28/2). Walau sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan bahkan hari Rabu akan dilakukan groundbreaking.

"Yang bilang hari ini siapa juga. Makanya kemarin ditanyain saya enggak mau komentar," tegas Anies di Jakarta Timur, Rabu (28/2).

Berbeda dengan wakilnya, Anies lebih memilih hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan. Dia baru akan menyampaikan ke publik jika rencana benar-benar matang. Ini alasan mengapa dirinya kerap menghindar, salah satunya terkait DP nol Rupiah yang di Rorotan.

"Mungkin dekat mungkin jauh tergantung kesiapan kematangan. Betul, serius. Saya, kenapa? Karena ini adalah menyangkut sesuatu yang punya efek jangka panjang bagi warga. Warga punya harapan sangat besar pada soal rumah milik, hunian milik. Karena itu kita tidak ingin ada langkah atau seremoni yang sekedar untuk memenuhi harus ada rumah. Kita matangkan dulu," jelasnya.

Terkait laham milik swasta PT Nusa Kirana, dia tidak mempersoalkan selama memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku. "Kalau swasta mau selenggarakan silakan aja. Kami tidak pernah melarang tapi kalau melibatkan pemprov maka harus mengikuti dan benar cara payung aturannya, payung hukumnya," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan groundbreaking akan dilakukan di akhir Februari 2018. "Tanggal 28 (Februari) ini Insya Allah di-groundbreaking. Mudah-mudahan selesai," kata Sandiaga beberapa waktu yang lalu.

Namun hari ini Sandiaga mengatakan penundaan ini karena masih ada beberapa hal yang perlu harus disesuaikan sehingga dapat menghasilkan informasi yang utuh kepada masyarakat. Dia mengatakan, tidak ingin terburu-buru melaunching suatu kebijakan yang belum benar-benar siap dalam perencanaannya. [fik]

Merdekaa