DUARR !! Komentari Sa’i Mars Banser, Dubes Saudi Singgung Kelompok Syiah


Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi turut berkomentar tentang lantunan “Yaa Lal Wahthan” saat ibadah Sa’i dari Safa ke Marwa. Ia menegaskan bahwa menyanyikan lagu kebangsaan atau syiar-syiar di luar ibadah saat Sa’i dapat menimbulkan kegaduhan.


“Seharusnya hal seperti itu tidak pantas dan tidak boleh. Kalau semuanya dibolehkan menyanyikan lagu kebangsaan atau syiar-syiar di luar ibadah, maka akan banyak yang melakukan hal yang sama dan dapat menimbulkan kegaduhan,” ungkapnya di rumah dinas Dubes Arab Saudi, Menteng Jakarta Pusat, Selasa malam (27/02/2018).

Osama juga mengungkit, hal serupa juga pernah dilakukan oleh pengikut Syiah saat beribadah di Baitullah Mekkah beberapa waktu lalu. Saat itu, mereka justru berunjuk rasa di depan Ka’bah dan menyiarkan syiar-syiar khusus di luar ibadah.

“Sama seperti halnya kelompok Syiah yang dulu melakukan aksi unjuk rasa dan syiar di luar prosesi ibadah. Tempat itu (Ka’bah) seharusnya dikhususkan untuk beribadah dan mendekat kepada Allah bukan untuk yang lain,” ungkapnya.



Kendati demikian, Osama tak dapat berkomentar banyak. Ia hanya berharap agar kejadian tersebut tak terulang lagi. Ia juga mengira bahwa aksi melantunkan lagu “Yaa Lal Wathan” saat Sa’i karena ketidaktahuan.

“Kita tidak mengatakan akidahnya mereka rusak atau tidak baik, tetap mereka adalah ahlussunnah wal jamaah juga, tapi kami mengingatkan untuk tidak terulang lagi,” tukasnya.

Sumber : kiblat.net