Tiga Tahun Jadi Menteri KKP, Susi Sudah Tenggelamkan 363 Kapal


Sejak dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2014 lalu, Susi Pudjiastuti langsung tancap gas. Dia mengeluarkan banyak kebijakan yang tujuannya memberantas illegal fishing. Moratorium izin kapal ikan asing adalah salah satunya.

Akibat kebijakan ini, banyak kapal ikan asing yang setop beroperasi. Kebijakan ini diberlakukan karena sudah banyak kekayaan laut Indonesia yang dikeruk oleh negara lain dan itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Indonesia dirugikan.

Tidak hanya sebatas mengeluarkan peraturan menteri, Susi juga memberlakukan kebijakan yang sesuai dengan Undang-Undang Perikanan Nomor 45 Tahun 2009.

Yang paling fenomenal adalah penenggelaman kapal ikan asing, yang keputusannya sudah inkracht dari Pengadilan karena terbukti melakukan praktik illegal fishing. Di tahun pertama, Susi langsung menenggelamkan 8 kapal.

Kebijakan tersebut konsisten dia teruskan hingga saat ini. Menurut data Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP, jumlah kapal yang sudah ditenggelamkan sejak 2014 sampai 2017 sebanyak 363. Rinciannya adalah:

2014 sebanyak 8 kapal,

2015 sebanyak 113 kapal,


Opini-bangsa