Terkuak Alasan Pria Gondrong Unggah Video Lawas Balikin Sampah ke Polisi


Video lawas seorang pria gondrong yang mengembalikan sampah ke mobil polisi viral di media sosial. Pria pemilik akun @siparjalang di Instagram itu lalu mengungkap alasannya.

Video di akun @siparjalang sendiri sudah ditonton lebih dari 29 ribu dan mendapat lebih dari 500 komentar. Di caption Instagram, dia menuliskan bahwa video itu direkam pada 2013 silam di Matraman, Jakarta Pusat.

Beberapa komentar mempertanyakan maksud diunggahnya video tersebut. Ada yang menuding siparjalang hanya ingin membuat jelek citra kepolisian.

Dikonfirmasi detikcom, Selasa (16/1/2018), siparjalang menyatakan tak ada niat sedikitpun untuk menyudutkan polisi. Ia murni hanya ingin menyebarkan pesan akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

"Dari saya nggak ada tendensius apa-apa, polisi atau bukan. Soalnya kalau di jalan saya suka kesel sendiri kalau ada yang buang sampah seenaknya," ujar siparjalang yang tak mau menyebut nama aslinya.

Baca juga: Aksi Pria Berani Kembalikan Sampah Polisi Viral

Melalui akun Instagram siparjalang, dia menyatakan video tersebut diambil tahun 2013 di kawasan Matraman, Jakarta Timur. Kala itu dia memang tinggal di Jakarta, sementara sekarang sudah pindah ke Medan, Sumut.

"Saya nggak nyangka akan se-viral ini. Kalau ada komentar-komentar tendensius, saya biarkan saja. Soalnya saya sudah tulis di caption juga, itu bukan untuk gagah-gagahan," kata siparjalang yang sehari-hari merupakan seorang freelance.

siparjalang menceritakan, saat dia mengembalikan sampah botol plastik ke mobil Polisi itu, Polisi yang ada di dalamnya hanya diam saja.

"Waktu itu malah temen saya yang takut. Katanya takut nanti malah kenapa-kenapa. Kalau polisinya sih diam saja," jelas siparjalang.

Baca juga: Viral Video Lawas Pria Gondrong Kembalikan Sampah ke Mobil Polisi

Selain di akun Instagram siparjalang, video tersebut juga tersebar luas di Twitter dan Facebook. Akun lain banyak yang mengunggah ulang dan menyebabkan itu menjadi viral.

detikcom telah mengonfirmasi kejadian ini ke Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. "Kita cek ya," kata Kombes Argo, Selasa (16/1).

DETIK