Pengacara Novel: Sejak Awal Keluarga Tidak Yakin Polisi Akan Ungkap Pelaku


Lambannya penanganan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan membuat pihak keluarga ragu terhadap kinerja Polri.

Pengacara Novel, Muhammad Isnur menjelaskan sampai saat ini pihak keluarga maupun kuasa hukum belum meluhat titik terang dari kasusbyang telah berjalan selama sembilan bulan itu.

Menurut Isnur, Polri baru menunjukan sketsa wajah yang diduga pelaku, namun untuk langkah selanjutnya Polri belum berhasil menyeret para pelaku dan otak dibaliknya penyerangan tersebut.

"Kekhawatiran dan pernyataan Novel semakin terbukti. Sejak awal Novel, pendamping dan keluarga tidak yakin Kepolisian akan mengungkap," ujar Isnur kepada wartawan di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jakarta, Jumat (12/1).

Lebih lanjut Isnur menilai, seharusnya pemerintah malu lantaran kasus tersebut belum mendapat hasil, terlebih usulan untuk membuat Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) tidak pernah terealisasi.

Berbeda dengan era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang berani membentuk TGPF untuk mengungkap pelaku utama dibalik kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib, walaupun hingga saat ini, TGPF belum merilis siapa dalang pembunuhan Munir.

"Presiden Jokowi harus malu, kok bisa perintah dia diabaikan," cetus Isnur. [nes]

Rmol