Masha Allah Cerita Ayana Jihye Moon, Hijaber Asal Korea



Ayana Jihye Moon, hijaber viral asal Korea Selatan akhirnya menjawab berbagai desas-desus tentang dirinya yang kerap simpang siur. Di antaranya, ia menjelaskan alasannya mengenakan hijab, isu soal operasi plastik, dan isu dirinya sempat disebut salah satu anggota girl group di sana.

Ayana sebelumnya menjelaskan bahwa ia berpindah agama jadi Islam (mualaf) pada 2012, saat masih di bangku SMA. Salah satu alasannya pindah adalah karena melihat desain hijab dan fashion ala Islam, namun ternyata masih kuat dengan Islam hingga berita ini ditulis.

Ia membenarkan sempat diminta melepas hijab karena dinilai sangat tidak lazim di Negeri Ginseng tersebut.

“Setelah aku pindah jadi Islam, aku memutuskan pakai hijab. Karena aku tahu Islam dari hijab, budaya Islam, fashion Islam,” kata Ayana, dalam Bahasa Inggris.

“(Aku pindah) 2012, waktu masih SMA. Awalnya mereka (keluarga dan teman-teman) shock, karena mereka bukan Muslim, dan kupikir enggak ada hijaber di Korea, enggak bisa ketemu. Awalnya mereka minta aku lepas hijab karena semua orang jadi melihat aku, tapi sekarang sudah enggak apa-apa, mereka dukung aku,” lanjutnya.

Kini, Ayana sendiri sudah mendapat sekira 519 ribu followers di Instagram, dengan foto yang kerap ia update untuk para followers. Salah satu videonya yang viral telah mencapai lebih dari sejuta kali putar, padahal hanya berisi salam. “Simpel sekali, hanya assalamualaikum, dan salam,” ujarnya.

Ayana sendiri tampil simpel dengan gamis, sepatu, dan jilbab krem. Dalam videotape, terlihat pakaiannya yang sedikit lebih rumit di berbagai situasi.

Ternyata ia pun bebas memakai hijab di Korea Selatan dengan foto di berbagai tempat di sana, salah satunya di Yeongdong, Korea Selatan.

Kemudian, Ayana diminta meluruskan berbagai isu terkait dirinya. Ia sendiri menolak sudah pernah operasi plastik maupun ikut dalam sebuah girl group. Namun, ia membenarkan dirinya sudah pernah jadi trainee untuk girl group tersebut.

“Hoax! No!” seru Ayana dua kali, saat dicecar pertanyaan tentang operasi plastik dan soal keanggotaaannya dalam girl group.

Akhirnya, ia ingin berterima kasih kepada para fans. Sebelum dilanjutkan dengan Astrid selaku bintang tamu, ia sempat mengucap salam terakhir sebelum mengakhiri kehadirannya di panggung #DahsyatSWAG tersebut.

- Baca Juga: Timpali Gombalan Denny Cagur di Dahsyat, Raffi Ahmad: Aku Transfer 52 Juta

“Aku Ayana. Terima kasih sudah mendukungku, kuharap kita bisa bertemu lagi. Terima kasih,” tuturnya dalam Bahasa Inggris.

(edh)