MANTAB! Bupati Ini Beri Reward Siswa yang Salat Subuh Berjamaah


Menciptakan generasi agamis harus dimulai sejak bangku sekolah. Mengawal gerakan nagari madani dan gerakan literasi sekolah madani (GLSM), Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan sejumlah terobosan. Bahkan, pelajar yang salat berjamaah di masjid akan diberi reward.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, Pemkab Agam sangat berkomitmen terus menerus mendidik masyarakat dalam kehidupan keberagamaan yang lebih baik. "Gerakan nagari madani dan GLSM di dukung penuh masyarakat. Pemkab akan selalu mengawal dan menyemarakkannya," terang Indra Catri, Kamis (4/1).

Baru-baru ini terang Bupati dua periode itu, pihaknya telah memberikan edaran yang berisi tentang imbauan terhadap seluruh pihak sekolah. Kepala sekolah diharuskan mengimbau kepada seluruh siswa-siwinya untuk melaksanakan salat magrib dan isya berjamaah di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Sallat duhur berjamaah dilakukan di sekolah dengan bimbingan para guru masing-masing," terang Indra.

Khusus untuk murid sekolah dasar (SD), bagi yang melaksanakan salat subuh berjemaah minimal 20 kali berturut-turut dalam sebulan akan diberikan reward. Sedangkan untuk siswa SMP, baru mendapatkan reward jika mampu subuh berjamaah selama 25 kali dalam sebulan. Lalu untuk siswa SMA/sederajat harus mampu salat subuh berjamaah selama 28 kali.

"Kecuali untuk siswi SMP maupun SMA, minimal 20 kali dalam sebulan," kata Indra Catri yang tidak mau membocorkan reward yang akan diberikan pada para siswa kelak.

Pihak sekolah diminta melakukan pengawasan dengan menggunakan buku kontrol bagi masing-masing siswa.

(ce1/rcc/JPC)