Janji Kampanye Ini akan Dilaksanakan di Tahun 2017 tapi Tidak Terealisasi oleh Jokowi


 Janji Joko Widodo melenceng. Janji yang kabarya dia kampanyekan itu menurut politisi dengan catatan akhir tahunnya tidak terealisasi. “Dalam bidang pertanian, sepanjang tahun 2017 pemerintah juga belum bisa menunaikan janji dan targetnya. Sesuai janji kampanye, tahun ini sebenarnya pemerintah menargetkan swasembada Pajale (Padi, Jagung, Kedelai),” kata Fadli Zon, di akun Twitter pribadi miliknya, di penutup akhir tahun 2017.

Namun, masih menurut Fadli, sepanjang periode Januari hingga September 2017, kita masih mengimpor beras 198.560 ton. Kita juga masih mengimpor jagung 512.075 ton. Belum lagi impor-impor ilegal yang biasanya terjadi. Bahkan, kita masih impor 65 persen dari total kebutuhan kedelai nasional.

“Jangankan tercapai, yang terjadi adalah pemerintah kembali merevisi target kerjanya. Masih tetap tingginya angka impor pangan kita tentu saja merupakan sesuatu yang aneh, karena data Kementerian Pertanian biasanya selalu menyebutkan terjadinya peningkatan produksi pangan di berbagai jenis komoditas.

Itu artinya data keberhasilan yang diklaim pemerintah memang masih perlu diperiksa kesahihannya.”

sumber: voaislam